SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Loading

Klaten, kmhdi.org – Pimpinan Cabang KMHDI Klaten menindaklanjuti Intruksi dari Pimpinan Pusat terkait KMHDI Mengajar tahun 2024 dengan menggelar kegiatan tersebut di Gedung Desa Blimbing, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (9/6).

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 09 Juni 2024 yang diikuti oleh 28 peserta dari 3 pasraman yang berada di Kecamatan Karangnongko yaitu Pasraman Dharma Gita, Pasraman Tirta Murti, dan Pasraman Pasupati Dharma Tunggal. Adapun tema yang diusung yaitu “Mendorong Pendidikan Yang Inklusif” yang menekankan betapa pantingnya akses pendidikan bagi semua orang, dimana dapat melibatkan dan mengikutsertakan seluruh individu tanpa pandang bulu, apapun yang dimilikinya.

Komang Dea Safira, selaku Ketua Panitia mengatakan Kegiatan KMHDI Mengajar ini mengundang anak smp-sma dari tiga pasraman yang berasal dari tiga pura di Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kami dari KMHDI Klaten melihat bahwa sisya dengan usia remaja SMP-SMA/SMK paling banyak ditemukan di daerah Karangnongko, ditambah terdapat tiga pasraman yang berada disini semakin menguatkan tekat kita untuk menyelenggarkan kegiatan di tempat ini”, ujarnya.

Komang Dea Safira, juga mengatakan bahwa Kegiatan KMHDI Mengajar ini dilaksanakan dengan tenaga pengajar dari rekan-rekan PC KMHDI Klaten yang sudah menerima pembekalan dari Pimpinan Pusat KMHDI.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu pukul 08.00 WIB, dibuka dengan sambutan oleh Bapak Suripno,S.Ag selaku Ketua PHDI Kecamatan Karangnongko.

“Terima kasih kepada anak-anak KMHDI karena telah melaksanakan kegiatan disini. Selayaknya orang tua, kami hanya bisa mendorong dan memfasilitasi agar kegiatan ini berjalan dengan lancar. Semoga dengan KMHDI Mengajar ini dapat memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak pasraman, memberikan pengetahuan yang baru bagi anak muda Hindu serta mengarahkan anak-anak ini menjadi anak muda Hindu yang berani dan berperan aktif di lingkungan keumatan Hindu Kecamatan Karangnongko”, pungkasnya.

Setelah pembukaan, dilaksanakan ice breaking dan pemberian materi kepada anak-anak pasraman, diantaranya diawali dengan Membaca Sloka oleh Ni Ketut Dewi Kartika dan Dela Ayu Puspita Proboningrum, dilanjut materi kedua yakni Korelasi Ajaran Tri Hita Karana dengan Kesehatan Pikiran Manusia oleh diah Ariyani, materi ketiga yakni Bijak Bersosial Media oleh Ida Bagus Putu Widha Yoga Arditama, dan materi terakhir Bangga Menjadi Hindu oleh Sinta Dewi Wulandari. Kemudian, kegiatan ditutup dengan pemberian kesan dan pesan oleh sisya lalu pemberian hadiah kepada sisya aktif, dan closing statement dari Ketua PC KMHDI Klaten sekaligus menutup kegiatan KMHDI Mengajar.

Dengan terlaksananya KMHDI Mengajar ini, diharapkan dapat menjadi dorongan kepada generasi muda Hindu untuk terus berpartisipasi aktif di lingkungan keumatan serta menjadi anak muda yang kolaboratif yang berani untuk keluar dan bergerak. Saya mewakili PC KMHDI Klaten, ingin berterima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak PHDI Kecamatan Karangnongko serta bapak ibu Pembina Pasraman Dharma Gita, Pasraman Tirta Murti, Pasraman Pasupati Dharma Tunggal yang telah mendukung kegiatan ini, semoga kita bisa terus berkolaborasi kedepannya, serta memberikan inovasi gerakan baru untuk menjaga eksistensi Umat Hindu” ucap Ida Bagus Putu Widha Yoga Arditama, selaku Ketua PC KMHDI Klaten.

.

.

.

Share:

administrator