SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

PROGRAM KERJA
DEPARTEMEN KADERISASI
PP KMHDI 2023-2025

Kaderisasi dalam sebuah organisasi mengacu pada proses pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan individu-individu atau SDM organisasi dalam mengambil peran kepemimpinan atau tanggung jawab yang lebih tinggi untuk menjamin keberlangsungan organisasi. KMHDI Sebagai organisasi yang mempunyai visi sebagai wadah pemersatu dan alat pendidikan kader mahasiswa hindu Indonesia, selain menghimpun diri dalam satu wadah organisasi, KMHDI juga memberikan pendidikan dan pelatihan bagi kader sebagai bekal dalam upayamencapai tujuan organisasi.

KMHDI mengartikan kaderisasi adalah proses penanaman nilai-nilai organisasi melalui suatu proses pendidikan dan pelatihan jangka panjang yang dimaksudkan dengan tujuan untuk menghasilkan kader-kader yang berkualitas. Pendidikan bertujuan untuk mendidik pemikiran dan pengetahuan kader, sedangkan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan skill kader sesuai dengan minat dan passion.

Sebagai organisasi kader, KMHDI terus mengembangkan baik sistem kaderisasi, proses kaderisasi hingga pelaksanaanya. Untuk mendukung arah kaderisasi KMHDI kedepan, maka sangat penting menyusun program kerja yang selaras dan berkesinambungan sesuai dengan target dan capainya. Program Kerja adalah rencana operasional yang disusun untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi dengan merinci tugas-tugas, langkah-langkah dan strategi yang dilakukan serta waktu, sumber daya, dan tanggung jawab yang terkait dalam hasil yang di inginkan.

Departemen Kaderisasi mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar untuk melakukan upaya menumbuhkembangkan dan pembinaan kader melalui sistem dan metode kaderisasi yang berkesinambungan di semua jenjang organisasi sekaligus melakukan pengawasan terhadap kesesuaian pelaksanaan sistem kaderisasi KMHDI serta melakukan evaluasi terhadap kegiatan tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut untuk memastikan dan mengkoordinir seluruh proses kaderisasi yang berjalan di tiap tingkatan KMHDI agar proses yang berjalan dapat lebih efektif dan terarah sesuai dengan proyeksi kaderisasi KMHDI, maka Departemen Kaderisasi PP KMHDI 2023-2025 menyusun program kerja yang berdasarkan konstitusi organisasi, sebagai acuan kerja satu periode kepengurusan kedepan.

II. Tujuan

  1. Tercapainya tujuan organisasi yang tergambar dalam visi dan misi KMHDI.
  2. Memaparkan Program Kerja Departemen Kaderisasi PP KMHDI 2023-2025
  3. Terlaksananya proses kaderisasi seluruh KMHDI Se indonesia sesuai dengan buku pedoman pelaksanaan kaderisasi.
  4. Meningkatkan pola pikir, kemampuan dan skill yang dimiliki kader KMHDI.
  5. Meningkatkan kualitas SDM Hindu

III. Susunan Internal Pengurus Departemen Kaderisasi
Ketua        : I Putu Andre Juliana
Anggota    :

  1. I Gede Sulastrawan
  2. I Wayan Sugita
  3. Made Suryalaksana Dharmawan
  4. Edy Prianto

IV. Gambaran Program Kerja
Adapun program kerja yang akan dilaksanakan oleh Departemen Kaderisasi Pimpinan Pusat 2023-2025 adalah sebagai berikut.
Tahun Pertama       :

  1. Pendampingan Pelaksanan Sistem Kaderisasi KMHDI
  2. Evaluasi dan Pelaksanaan Kaderisasi Tahap II
  3. Penyusunan Materi KT 3
  4. Ruang Pendidikan dan Kaderisasi KMHDI

Tahun Kedua          :

  1. Pendampingan Pelaksanaan Sistem Kaderisasi KMHDI,
  2. Diklat Politik Nasional
  3. Konfrendiknas IV
  4. Ruang Pendidikan dan Kaderisasi KMHDI

V. Penutup
Demikian disusunya program kerja Departemen Kaderisasi PP KMHDI 2023-2025, dengan semangat kaloborasi dan pengabdian semoga apa yang disusun dan direncanakan bisa berjalan dengan baik dan 14ancer. Hyang Widhi Merestui Karma Yoga ini, Satyam Eva Jayate..!!!

DEPARTEMEN KADERISASI
PP KMHDI 2023-2025

I Putu Andre Juliana