SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

PROGRAM KERJA DEPARTEMEN DATA DAN INFORMASI

PIMPINAN PUSAT KMHDI

2021 – 2023

I. Latar Belakang

Teknologi adalah sebuah komponen penting di era saat ini yang dapat merubah pola hidup manusia. Dimulai dari kehidupan sosial, pola komunikasi serta perluasan informasi yang mengalami perkembangan yang sangat masif. Dengan pesatnya segala bentuk proses peralihan tersebut yang terjadi sangat deras sehingga menghasruskan setiap orang agar bisa dapat dengan cepat melakukan adaptasi termasuk juga dalam hal manajemen organisasi.

Generasi manusia abad ini merupakan generasi yang tidak dapat dipisahkan dengan adanya teknologi terkini yang saat ini dikenal dengan Generasi Milenial. Generasi Milenial yang erat dengan pembaharuan abad ini disediakan dengan beragam fasilitas teknologi untuk menunjang aktivitas dan kreatifitasnya. Sehigganya yang merupakan bagian dari era milenium dituntuk serba cepat atau yang dikenal dengan istilah up-to-date untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) yang memantapkan diri sebagai organisasi kaderisasi terus berupaya untuk melakukan inovasi dalam mengembangkan pola manajemen organisasi yang memanfaatkan teknologi digital untuk meciptakan generasi Hindu yang melek teknologi sehingga berani bersaing di dunia luar.

Departemen Data dan Informasi adalah salah satu departemen yang dihadirkan sejak tahun 2010 memiliki peran sentral dalam hal pengelolaan data dan informasi KMHDI. Oleh karenanya, departemen ini berupaya untuk mendukung dengan maksimal dalam melakukan inovasi-inovasi yang dapat menunjang proses kaderisasi sesuai dengan perkembangan teknologi digital terkini yang sedang dan akan terjadi.

II. Tujuan

Program Kerja Departemen Data dan Informasi disusun dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Menunjang tercapainya tujuan organisasi yang terdapat pada visi dan misi KMHDI;
  2. Sebagai pedoman untuk menjalankan ketetapan – ketetapan dalam musyawarah KMHDI khususnya Mahasabha XI KMHDI.
  3. Sebagai pedoman dan tolak ukur dalam perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggung jawaban Departemen Data dan Informasi PP KMHDI 2021-2023.

III. Susunan Internal Pengurus

Ketua        : Made Astrama

Anggota    :

  1. I Gede Anjas Kharismanata
  2. Nyoman Rohadi Wiguna
  3. Ghautami Kemala Alara

IV. Gambaran Program Kerja

Tahun Pertama      :

  1. Pengelolaan dan Pengembangan Website KMHDI
  2. Digitalisasi dan Visualisasi Kajian dan Keputusan KMHDI
  3. Pengelolaan dan Pengembangan Sosial Media
  4. Lomba Digital Kreatif
  5. Sosialisasi dan Pembuatan Buku Panduan ERP
  6. Monitoring Database Keanggotaan KMHDI
  7. Clas Grup Jurnalist

Tahun Kedua        :

  1. Pengelolaan dan Pengembangan Website KMHDI
  2. Digitalisasi dan Visualisasi Kajian dan Keputusan KMHDI
  3. Pengelolaan dan Pengembangan Sosial Media
  4. Lomba Digital Kreatif
  5. Sosialisasi dan Pembuatan Buku Panduan ERP
  6. Monitoring Database Keanggotaan KMHDI
  7. Kopi Darat KMHDI
  8. Citizen Jurnalist

V. Penutup.

Demikian program kerja Departemen Data dan Informasi (DDI) Pimpinan Pusat KMHDI 2021- 2023 disusun agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya guna menunjang tercapainya visi dan misi KMHDI. Program kerja ini disusun sebagai pedoman bagi departemen ini yang mungkin bisa mengalami perubahan-perubahan sesuai dengan kondisi kedepan yang akan selalu perpedoman dengan AD/ART organisasi.

Semoga atas asung kertha wara nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa program yang telah direncanakan dan disusun ini dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan dalam kepengurusan Pimpinan Pusat 2021-2023. Secara terperinci penjabaran program kerja ini akan dijelaskan pada lampiran berikut. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.