SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

 Kita hidup sebagai manusia sosial terus selalu dihadapkan sebuah pemasalahan-permasalahan yang ada , baik itu ditataran sosial dilingkungan,masyarakat maupun negara.permasalahan-permasalahan ini terus mengiringi berbagai bidang kehidupan , contoh kecil dari permasalahan sosial lingkungan yaitu pencemaran lingkungan itu sendiri,permasalahan di dalam masyarakat perselisihan-perselisahan antar kelompok yang akhir-akhir ini mengandung SARA,sedangkan untuk dalam suatu negara Energi dan BBM menjadi topik hangat dalam perbincangan akhir-akhir ini, walaupun demikian segala sesuatu itu terjadi karena ulah manusia dan manusia pula yang memperbaiki nya . Ada pepatah yang yang mengatakan ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’ luar biasa sekali pepatah tersebut memiliki sebuah pendekatan agar manusia sadar akan pentingnya untuk memikirkan segala sesuatu berhungan dengan masa depan,nah sekarang adalah tugas kita untuk selalu memikirkan pencegahan untuk masa yang akan datang yang lebih baik.

Salah satu pencegahan yang saya angkat yaitu Nyepi, apasih nyepi itu? Sederhana saja untuk orang awam atau umat diluar hindu menyebutnya upaya umat hindu untuk menyepi dalam segala bentuk aktifitas-aktifitas kehidupan, aktifitas-aktifitas yang dimaksud adalah menahan rasa nafsu/puasa,tidak menyalakan api, tidak bekerja dan tidak bepergian aktifitas itu sering disebut dengan catur brata penyepian.dilihat nyepi itu sedehana tapi sangat sulit dilakukan dalam tataran nasional. Nyepi sangat bermanfaat bagaimana kita semua,bagaimana tidak, kita memiliki rasa persaudaraan dan kerukunan dengan mengendalikan indria-indria kita semua untuk sementara menjaga hawa nafsu untuk merubah kualitas diri kita menjadi lebih baik, dalam berkehidupan negara dengan nyepi kita menunjukan bahwa kita mampu menghemat energi selama 24 jam,energi yang dimaksud adalah energi listrik ,sebagaimana pemerintah terus mengingatkan kita selalu menghemat energi,dan upaya pemerintah maupun dunia upaya gerakan matikan lampu selama satu jam,tetapi kita mampu melebihi gerakan diatas, dalam sebuah lingkungan kita mampu mengajarakan bagi orang-orang yang membuang sampah sembarangan, penebangan pohon dmana-mana itu salah satu contoh untuk proyeksi dari sebuah bentuk keinginan bekerja segala aktivitas yang memberikan dampak negatif bagi lingkungan, dan dibalik untuk mengekang kita untuk tidak bepergian atau melakukan perjalanan juga mengajarkan kita untuk selalu berusaha untuk menjaga polusi udara yaitu co2(karbondioksida) karena aktivitas-aktivitas untuk bepergian cenderung untuk menggunkan kendaraan ,selain mencegah co2 juga menghemat BBM dimana pada bulan mei 2013 ini pemerintah mencanangkan untuk menaikan harga BBM karena terjadi inflasi dimana untuk subsidi BBM hampir dari 20% dari APBN. Walaupun dalam pelaksanaan Nyepi hanya dilakukan oleh kalangan umat hindu yang minoritas  ,tetapi umat hindu mampu menunjukan kepedulian terhadap arti penting dari ‘pencegahan ‘ untuk masa depan yang lebih baik.

Kita sebagai pemuda/mahasiswa khususnya KMHDI sebagai PR kita untuk merealisasikan dalam bentuk sosilisasi terhadap berbagai kalangan masyarakat secara menyeluruh betapa pentingnya dalam melaksanakan nyepi. Sebagai contoh dijawa barat dmana ada sebuah gerakan untuk menghemat beras dengan mengkampanyekan bebas makan nasi selama sehari dan itu berhasil. Ini merupakn tanggung jawab kita bersama untuk selalu memikirkan segala bentuk pencegahan-pencegahan agar bangsa ini menjadi lebih baik.

 

Nama                                                                           : Wayan Fery S

Tempat/Tgl Lahir                                                        : 31 Agustus 1990

No Anggota                                                                : 20312021

Alamat Kepengurusan (PP,PD, PC dan Komisariat) : PD KMHDI JAWA BARAT/Jl.Dr otten      No.15 Bdg

Nomor KTP/Nomor Kartu Siswa                               : 187103310890003/23-2012-079

Nama dan alamat kampus  (Br, Desa, Kec, Kab)       : Institut Teknologi Nasional (Itenas) jalan PKH  Mustafa No.23 Kota Bandung

Nomor Tlp/Hp yang bisa dihubungi                           : 085789971737

 

 

 

Share:

administrator