SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Loading

Karangasem, kmhdi.org – PC KMHDI Karangasem Melaksanakan Penggalian dana berupa Penjor Galungan dan Kuningan yang digarap langsung oleh Kader Organisasi Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia ( PC KMHDI) Karangasem di Sekretariat Organisasi PC KMHDI Karangasem, Padangkerta, Karangasem. Minggu (22/9).

Penjor merupakan simbol penting dalam perayaan Hari suci Umat Hindu terkhusus pada saat hari Raya suci Galungan dan Kuningan , yang dirayakan umat Hindu Bali setiap 210 hari sekali. penjor melambangkan tempat tinggal para dewa dan leluhur, serta menjadi simbol persembahan dan rasa syukur kepada Tuhan atas kesejahteraan dan kesuburan bumi.

Seperti biasa setiap 6 bulan sekali PC KMHDI Karangasem melaksanakan Penggalian dana Penjor dengan proses Pembuatan penjor dilakukan secara bergotong royong oleh kader PC KMHDI Karangasem dengan penuh semangat, namun penggalian dana Penjor kali ini berbeda dengan penggalian dana Penjor sebelumnya dikarenakan penggalian Penjor kali ini Bambu,hiasan dan sampian di buat sendiri oleh kader PC KMHDI Karangasem dalam kegiatan Belajar Bareng Kader Yuk (BARBEKYU) Litbang yang dimulai sejak minggu lalu.

”Terdapat 6 penjor yang kami antarkan kepada pembeli, saya harap galungan selanjutnya bisa kembali seperti ini dan pembelinya lebih banyak serta semangat teman-teman melastarikan budaya lebih tinggi”, ucap Wulan selaku Wakil Bendahara.

“Disamping dari makna penjor yang mendalam, Penjor -penjor yang berjejer menghiasi setiap jalan di Bali membuat nuansa keindahan budaya dan tradisi untuk pelestarian budaya lebih tinggi” imbuh Wulan.

Penjor yang menghiasi sepanjang jalan di Bali membuat nuansa keindahan budaya dan tradisi setiap umat Hindu. Ketika hari raya galungan tiba makan akan ramai penjor-penjor dengan berbagai kreatifitas seni masing-masing dalam membuat penjor tersebut menjadi sebuah kebudayaan yang sangat perlu dilestarikan.

Sebagai generasi muda Hindu setidaknya harus bisa membuat penjor dan tahu bagaimana sejatinya makna penjor yang terkandung dalam setiap hal yang terdapat di penjor tersebut. Dengan rasa bangga dan solidaritas , kader PC KMHDI Karangasem menyambut persiapan galungan sebagai kewajiban selalu belajar dan melestarikan budaya kami melalui realisasi keagamaan.

Keluarga Besar PC KMHDI Karangasem Mengucapkan Selamat Hari Raya Suci Galungan 25 September 2024 dan Kuningan 5 Oktober 2024, bagi umat Hindu se-Dharma, Semoga semesta berserta isinya selalu diberikan Kebahagiaan dan kesejahtraan.

Share:

administrator