SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Loading

Lampung Selatan, kmhdi.org – Pimpinan Daerah (PD) Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Lampung sukses menggelar Training of Trainer (ToT). Kegiatan yang bertemakan “Lahirkan Trainer Visioner, Menyongsong Kaderisasi yang Holistik” ini dilaksanakan pada 13-15 September 2024 di Gedung BPSDM Provinsi Lampung, Kecamatan Natar, Lampung Selatan (20/9).

I Nengah Candra Irawan, Ketua PD KMHDI Lampung, mengatakan ToT regional barat ini menjadi momen penting untuk menjaga silaturahmi antar regional barat. Ia juga memberikan apresiasi kepada kader-kader KMHDI lampung yang telah berhasil mensukseskan acara ToT regional barat ini.

“Dengan umur yang baru menginjak 3 tahun, PC KMHDI Lampung Selatan mampu menjadi penyelenggara kaderisasi tingkat regional. Ini adalah bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras,” ujar Candra.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan support yang diberikan oleh semua pihak yang terlibat.

Kegiatan ToT ini mencakup lima materi penting yaitu, Kaderisasi KMHDI, Konsepsi Kaderisasi KMHDI, Pendidikan Partisipatif, Public Speaking, dan Media Penyajian Informasi.

Materi-materi ini dirancang untuk membekali kader dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan agar mereka dapat menjalankan perannya.

Acara ini diikuti oleh 34 peserta yang berasal dari berbagai daerahddi regional barat. Diantaranya PD KMHDI Jakarta, PD KMHDI Jawa Barat, PPC KMHDI Bandung, PC KMHDI Bogor, PD KMHDI Lampung, PC KMHDI Lampung Selatan. Kemudian, PC KMHDI Bandar Lampung, PC KMHDI Metro, PC KMHDI Oku, PC KMHDI Palembang, PD KMHDI Sumatera Selatan, BPC KMHDI Bengkulu, dan PC KMHDI Medan.

Hal ini menunjukkan semangat kolaborasi antar daerah dalam memperkuat kaderisasi KMHDI.

Sementara, Teddy Chrisprimanata Putra, Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat KMHDI, menegaskan bahwa ToT merupakan ajang penting untuk meningkatkan kompetensi kader.

“Perlu adanya skill tambahan, dan KMHDI adalah wadah yang tepat untuk itu, salah satunya melalui proses kaderisasi bernama ToT,” ungkapnya.

Ia menekankan pentingnya strategi, networking, dan kemampuan adaptasi tinggi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat setelah menyelesaikan studi. Dengan membekali diri dengan hard skill, soft skill, dan kemampuan adaptasi, kader KMHDI dapat melangkah maju.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Kemudian Kabid Bimas Hindu Provinsi Lampung, serta perwakilan dari DPRD Lampung dan DPRD Lampung Tengah.

Harapannya pelaksanaan TOT ini KMHDI dapat melahirkan dan menjadikan trainer-trainer hebat di daerahnya dalam mengawal pelaksanaan kaderisasi.

Share:

administrator