SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Jakarta – Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia melakukan audiensi bersama Dirjen Bimas Hindu RI, Tri Handoko Seto di kantor Ditjen Bimas Hindu RI, Jakarta Pusat pada Jumat,(24/09).

“Kami sangat berterimakasi atas kesempatan yang telah diberikan oleh Dirjen Bimas Hindu RI Bapak Tri Handoko Seto. Tentunya dalam kesempatan kali ini, menjadi momentum yang sangat penting bagi kami untuk banyak memberi gagasan dan juga inovasi-inovasi yang dapat menyasar umat Hindu kita terkhusus generasi muda Hindu. Juga tentunya untuk membangun sinergitas antar lembaga baik itu sebagai mitra strategis maupun juga sebagai mitra taktis,” tutur I Putu Yoga Saputra selaku Ketua Presidium PP KMHDI di awal pertemuan.

I Putu Yoga Saputra juga menambahkan, dalam perkembangan teknologi dan juga digitalisasi saat ini akan menjadi peluang yang strategis dalam proses penguatan Pendidikan Hindu. Teknologi hingga digitalisasi dapat menjadi instrumen penunjang yang sangat penting untuk memperbaharui metode pembelajaran tentang ke-Hinduan. Salah satunya adalah visualisasi buku-buku pembelajaran Hindu dalam bentuk karakter animasi yang dapat menarik minat belajar anak atau generasi Hindu kita dalam memperkuat literasi tentang ajaran agama.

“Perkembangan teknologi dan digitalisasi saat ini harus menjadi momentum untuk meningkatkan literasi agama di umat kita, salah satunya adalah membuat metode pembelajaran dengan visualisasi buku-buku Hindu dalam bentuk karakter animasi. Ini dapat menarik minat belajar generasi Hindu kita terkhusus anak-anak,” tambah I Putu Yoga Saputra.

Gagasan tersebut disambut baik oleh Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto yang mengatakan bahwa peningkatan kualitas SDM Hindu juga mendapat perhatian khusus pada tataran Ditjen Bimas Hindu RI.

“Menggunakan metode-metode terbaru sesuai dengan perkembangan zaman tentu akan memiliki dampak yang sangat signifikan untuk meningkatkan partisipasi generasi muda Hindu kita dalam penguatan literasi tentang ke-Hinduan. Perkembangan teknologi hingga digitalisasi dapat membantu secara efektif dan efisien sebagai instrumen penunjang dalam hal transfer knowledge tentang ke-Hinduan,” ujar Tri Handoko Seto.

Di ujung perbincangan, I Putu Yoga Saputra mengapresiasi respon baik Dirjen Bimas Hindu dalam hal usulan pengembangan metode pembelajaran Hindu melalui visualisasi buku-buku Hindu dalam bentuk karakter animasi.

“Kami tentu mengapresiasi respon positif Dirjen Bimas Hindu RI karena semangatnya dalam memperkaya metode belajar kita, KMHDI sebagai mitra strategis akan selalu melahirkan inovasi-inovasi demi memajukan umat Hindu kita. Salah satunya adalah visualisasi buku-buku Hindu dalam bentuk karakter animasi yang akan menjadi momentum untuk peningkatan literasi ke-Hinduan kita,” tutup I Putu Yoga Saputra.

Share:

administrator