SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Loading

Denpasar, kmhdi.org – Tanggal 18 Mei 2024 menjadi momen bagi pengurus PC KMHDI Denpasar untuk melihat kembali seperti apa pandangan alumni KMHDI terhadap KMHDI hari ini khususnya di PC KMHDI Denpasar. Dalam diskusi tersebut ada banyak hal yang telah dibicarakan antara lain pembentukan visi pribadi kader.

Secara umum, kita telah mengetahui bahwa tujuan umat Hindu adalah Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharma yang artinya Tujuan Dharma adalah mencapai kebahagiaan rohani dan jasmani. Kata “Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharma” dalam materi Dharma agama sebagai tujuan dari pengkaderan.

Dalam pembahasan kemarin, bli Yogi selaku mantan ketua PC KMHDI Malang memperingati kita agar tidak hanya menitikberatkan moksa. Hal ini ditekankan karena dalam beragama seringkali kita membicarakan kehidupan setelah mati. Padahal sejatinya tujuan agama Hindu bukan hanya setelah mati melainkan juga saat kehidupan di dunia ini.

Selain membahas tentang pentingnya Jagadhita, dalam diskusi tersebut kita juga mendiskusikan tentang komisariat. Secara umum komisariat adalah Organisasional KMHDI dalam Lingkup Kampus yang berada dibawah Tanggung Jawab PC atau PD yang tidak memiliki PC. Dalam hal ini, komisariat menjadi pelebaran sayap KMHDI di kampus masing masing. Komisariat sendiri juga menjadi basis kader di setiap kampus.

Namun ternyata menurut bli Yogi, eksistensi dan keefektifan komisariat hanya berlaku di daerah daerah tertentu saja. Ini disebabkan karena ada kampus kampus yang telah mempunyai UKM Hindu. Mengingat di beberapa daerah kader KMHDI sendiri terbentuk dari UKM UKM Hindu tersebut. Jika komisariat KMHDI dibentuk di kampus yang telah mempunyai UKM Hindu, maka ada kemungkinan terjadi saingan di kampus tersebut. Dari diskusi tersebut setidaknya terdapat hal yang bisa kita petik bahwa perlu peninjauan kembali jika kita ingin membuat komisariat di kampus seperti UNUD, STIKOM, INSTIKI, dll.

Terakhir diperingati juga bahwa KMHDI tidak bisa berjalan sendiri. KMHDI hari ini perlu lebih memperbanyak jaringan sekaligus kolaborasi terhadap organisasi dan instansi lainnya.

 

Ditulis Oleh : Bidang Litbang PC KMHDI Denpasar 2023-2025

1.I Gede Panca Kusuma Ramadi
2.Ni Ketut Nita Widiantari
3.Luh De Juni Astuti
4.Ni Putu Mega Kusuma Dewi
5.Tjokorda Istri Sindy
6.Kadek Ayu Cynthia Dewi
7.Ni Luh Bunga Kris Nanti

Share:

administrator