SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) adalah organisasi Mahasiswa Hindu yang berskala nasional yang terus tumbuh dan berkembang seiring dengan dinamika dan perubahan-perubahan yang terjadi di Indonesia. Sebagai sebuah disiplin yang paling diharapkan mampu menghadapi persoalan bangsa yang semakin kompleks, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia dituntut untuk bergerak semakin interdisipliner, dalam arti dapat dengan bebas berkolaborasi dengan lainnya namun dengan tetap mempertahankan perspektif bangsa dalam melihat fenomena dan persoalan-persoalan yang ada.
Dengan dihadapkan pada kenyataan di atas, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) diharapkan dapat menjadi Agent of Change. Sebagai agen perubahan, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia harus banyak membangun kolaborasi dan networking, kreatifitas, inovasi, kepeloporan, daya nalar yang kritis dan fisik yang kuat.
Kini dalam perjalanannya, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia tidak terasa telah menapaki usia yang ke-28 tahun semenjak didirikan pada tahun 1993. Memasuki usia ke-28 tahun tersebut menjadi bukti bagaimana Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) mampu mempertahankan eksistensinya dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan berupaya menjadikan Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) sebagai organisasi yang dapat berkontribusi bagi perkembangan umat hindu dan bangsa, oleh karenanya penting untuk memperingati pertambahan usia Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) sebagai bukti perjalanan panjang yang produktif dan dinamis.
TEMA KEGIATAN
“Muda Inovatif”
Penjelasan Atas Tema
Melihat kondisi dan situasi social saat ini, generasi muda tengah dihadapi tantangan yang begitu besar. Era 4.0 dan juga disrupsi teknologi dimana terjadinya inovasi dan juga perubahan secara fundamental karena hadirnya teknologi digital,mengubah system yang terjadi di Indonesia maupun secara global. Kondisi disrupsi yang terjadi menuntut generasi muda agar selalu dapat beradaptasi agar dapat bertahan dan juga bahkan mampu tetap eksis ditengah perubahan jaman yang terjadi.
Namun dalam situasi ini, generasi muda hanya selalu menjadi objek dari perubahan tersebut. Dimana dampak dari perubahan tersebut menuntut generasi muda untuk dapat berinovasi hanya atas dasar perubahan yang terjadi, namun bukan berinovasi atas dasar bagaimana dapat menciptakan perubahan itu terjadi dan menjadikan solusi dari berbagai permasalahan sosial yang ada. Generasi muda tidak cukup jika hanya sekadar adaptif, menyesuaikan diri dari perkembangan jaman, namun generasi muda harus dapat berinovasi agar dapat menjadi pemimpin disrupsi dimasa yang akan datang. Point pentingnya adalah generasi muda harus dapat mendisrupsi bukan hanya sekadar terdisrupsi.
Dengan mendayagunakan pemikiran, imajinatif, berbagai stimulant dan membentuk iklim disekililingnya, KMHDI dalam semangat Pendidikan kaderisasinya konsisten untuk selalu meningkatkan kualitas SDM muda hindu. sudah saatnya berbicara tentang bagaimana SDM muda hindu yang berkualitas tersebut mampu memberikan dampak untuk dapat menciptakan sebuah inovasi perubahan yang mampu bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. KMHDI akan tetap eksis untuk perubahan! Dirgahayu KMHDI ke-28, Muda Inovatif!
AGENDA KEGIATAN
Peringatan HUT KMHDI 28 tahun akan di meriahkan dengan beberapa kegiatan sebagai berikut :
a.   PKN (Pendidikan Kader Nasional)
     Tujuan Pendidikan Kader Nasional PKN suatu upaya yang dilakukan oleh sebuah organisasi untuk menciptakan generasi penerus yang menyetujui dan meyakini kebenaran tujuan organisasi dan secara terus menerus berjuang mencapai tujuanorganisasi. Adapun kegiatan pendidikan kader nasional ini berupa pendalaman purwaka. Teknis kegiatan secara lebih rinci akan dijelaskan dalam lampiran. (teknis pelaksanaan terlampir)
b.     Perlombaan
1)  Lomba Video
   Lomba ini dapat diikuti oleh Kader KMHDI seIndonesia harapannya dapat menjadi refleksi gambaran KMHDI dari masa ke masa. Video dapat berupa dokumenter, monolog atau podcast tentang jejak sejarah terdahulu hingga wajah KMHDI hari ini. Selain sebagai bahan renungan perjuangan, proses video ini dapat meningkatkan simakrama baik antar kader maupun alumni. Adapun sub tema lomba video ini yaitu  “28 Tahun KMHDI Untuk Indonesia”. Download Petunjuk Lomba Video
2)  Lomba Cipta dan Baca Puisi 
     Lomba ini dapat diikuti oleh Kader KMHDI dan kalangan Mahasiswa Hindu se-Indonesia. Tujuannya dapat menggugah semangat dan jiwa kreatif generasi muda dalam bidang sastra dan seni. Adapun sub tema puisi berkaitan dengan Anak Muda Untuk Kemajuan NegeriDownload Petunjuk Lomba Cipta dan Baca Puisi
3)  Lomba Essay 
    Lomba ini dapat diikuti oleh Mahasiswa Hindu se-Indonesia. Tujuannya untuk mengasah nalar dan pemikiran kritis dan Inovatif mahasiswa dalam melihat persoalan bangsa. Adapun sub tema Essay berkaitan dengan Indonesia Abad 21: Krisis Kemandirian Nasional dengan pilihan topik bahasan yaitu pendidikan, ekonomi dan politikDownload Petunjuk Teknis Lomba Essay
c.     Puncak Perayaan dan Sarasehan
         Puncak perayaan diadakan secara virtual pada tanggal 3 September 2021. kegiatan ini diisi dengan diskusi santai yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring). Agenda ini bukan hanya bernostalgia 28 tahun KMHDI, tetapi juga membahas tentang isu strategis KMHDI dengan melibatkan seluruh anggota KMHDI dan juga Alumni KMHDI. Selain itu, perayaan HUT juga dirangkaikan dengan mengumumkan dan menampilkan para pemenang lomba HUT 28 tahun KMHDI.