SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Surakarta, KMHDI.org – Setelah melaksanakan pembukaan, pemberian materi, serta pelantikan anggota baru di hari pertama, MPAB I dan Pembentukan BPC KMHDI Surakarta pun berlanjut di hari kedua (4/12). Di pagi hari, peserta dan panitia mengikuti persembahyangan bersama masyarakat Hindu kota Surakarta di Pura Indraprastha. Persembahyangan ini menjadi agenda rutin bagi yang dilakukan setiap hari Minggu pada pukul 08.00 WIB.

Persembahyangan berakhir, acara pun dilanjutkan dengan pelantikan koordinator dan wakil koordinator terpilih BPC KMHDI Surakarta. Pemilihan koordinator dan wakil koordinator BPC KMHDI Surakarta dilaksanakan pada hari pertama setelah pelantikan anggota baru. 

Mekanisme pemilihan dilakukan dengan pencalonan kandidat secara mandiri oleh anggota, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh forum. Dari 3 orang kandidat yang mengajukan diri, terpilihlah Desak Made Ari Prastiti sebagai koordinator dan Ayu Made Nailashanti Priya Budarta sebagai wakil koordinator BPC KMHDI Surakarta.

Dua Srikandi muda inilah yang akan menahkodai pelayaran pertama kapal KMHDI di Kota Bengawan. Prosesi pelantikan dipimpin oleh Presidium I Sekretaris Jenderal KMHDI, I Wayan Darmawan melalui pembacaan surat keputusan, pembacaan janji pengurus, serta penyematan jas KMHDI.

Setelah pelantikan koordinator dan wakil koordinator BPC KMHDI Surakarta, acara dilanjutkan dengan laporan dan sambutan. Koordinator Tim Khusus Pembentukan BPC KMHDI Surakarta, Gde Bayu Pangestu AW dalam laporannya berharap dengan dilantiknya koordinator dan wakil koordinator, BPC KMHDI Surakarta dapat mulai mempersiapkan program kerja untuk keberjalanan organisasi kedepannya.

Koordinator terpilih BPC KMHDI Surakarta, Desak Ari berterima kasih kepada seluruh anggota yang telah memberinya kepercayaan untuk memimpin kapal KMHDI di Surakarta. Besar harapannya setiap anggota dapat saling bersinergi untuk mengembangkan KMHDI Surakarta serta menebar manfaat untuk umat sedharma maupun umat lainnya.

Darmawan dalam sambutannya mengaku sangat bersyukur dengan dilantiknya dua belas orang anggota baru KMHDI dari Surakarta. Peletakan batu pertama BPC KMHDI Surakarta di Pura Indraprasta tidak lagi hanya sekedar angan-angan. Ia juga berpesan, meski terbentuk dari latar belakang yang berbeda-beda, semangat persatuan dan kekeluargaan harus terus dijaga. 

Dinamika dalam berorganisasi akan selalu ada, tetapi dalam keberjalanannya setiap orang harus saling melengkapi untuk menemukan penyelesaian dari setiap masalah yang ada.

Sebagai bentuk apresiasi atas keikutsertaan serta antusiasme peserta selama kegiatan, panitia penyelenggara membagikan awarding atau hadiah bagi para peserta yang aktif memberikan kontribusinya. 

Selain itu, para peserta mendapat kesempatan untuk melakukan napak tilas ke Candi Prambanan sekaligus menghadiri kegiatan Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI.

Di kegiatan tersebut, para peserta MPAB I Kota Surakarta mengunjungi kompleks Candi Prambanan serta menyaksikan pertunjukan tari tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dalam festival tersebut. Meskipun sempat turun hujan yang cukup deras, para peserta masih dapat menikmati keindahan deretan candi karya Bandung Bandowoso tersebut.

Anggota dan Alumni KMHDI yang hadir dalam acara tersebut pun menyambut Surakarta sebagai “keluarga baru” mereka dengan tangan terbuka. KMHDI Surakarta sempat mengunjungi stand Dharma Dana, KMHDI, serta stand Bimas Hindu Kemenag RI.

Share:

administrator