SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Denpasar, kmhdi.org – Semarakkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate (KaKek) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali menggelar donor darah yang merupakan rangkaian Festival Rumah KaKek, di Denpasar, pada Minggu (22/8). Kegiatan donor darah bertemakan ‘Setetes Darah, Sejuta Kehidupan’ tersebut memperoleh 25 kantong darah dari 36 jumlah pendaftar.

 “Kita sebagai manusia di sinilah salah satu bentuk yang bisa kita lakukan saling membantu satu sama lain melalui kegiatan yang mulia ini, kegiatan donor darah,” ungkap Ketua Panitia Festival Rumah KaKek, I Komang Adi Sudarta di sela kegiatan donor darah.

Komang Adi yang juga Kabiro Organisasi Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Bali menambahkan, di masa pandemi Covid-19, PMI sebagai sebagai penyedia donor darah sedang mengalami kekurangan stok darah.

“Masyarakat kemungkinan takut untuk langsung ke rumah sakit melakukan donor dengan adanya pandemi ini. Karena itu dengan adanya kegiatan donor darah yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat, ia berharap animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya menjadi meningkat,” ungkapnya.

Penanggung jawab kegiatan donor darah, I Gede Arya Adi Gunawan, mengatakan dengan masih kurangnya stok darah yang dimiliki oleh PMI, ia mengajak organisasi kepemudaan dan mahasiswa menjadi pelopor kegiatan kemanusiaan.

“Kegiatan donor darah di rumah KaKek, direncanakan akan dilakukan secara berkala setiap tiga bulan sekali,” tegasnya seraya mengungkapkan pihaknya telah melakukan kegiatan yang sama pada 1 Juni 2021 lalu.

“Organisasi pemuda khususnya, karena masyarakat takut datang ke rumah sakit untuk donor darah, bisa melakukan sebuah gerakan kemanusiaan seperti ini di basisnya masing-masing agar stok darah yang masih kurang ini bisa kembali terjaga dan orang yang membutuhkan bisa terbantu,” ucap Arya Adi Gunawan yang juga Kabiro Humas PD KMHDI Bali.

Untuk menarik minat masyarakat, Arya Adi Gunawan mengungkapkan bahwa terdapat doorprize bagi setiap pendonor berupa 1 masker, 1 botol 600 ml eco enzyme, dan 1 voucher service senilai 60 ribu. Dan untuk pendonor perdana (sebelumnya belum pernah donor sama sekali) mendapatkan bingkisan khusus dari sponsor. Selain itu, pada lokasi donor darah disediakan minuman kacang hijau, telur rebus dan teh rosella. Arya Adi Gunawan sebagai penanggung jawab kegiatan donor darah juga mengucapkan terimakasih terhadap semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan tersebut.

“Terkhusus untuk sponsor yang telah membantu kami yakni Bank BRI berupa bingkisan dan sembako, Astra Honda berupa voucher service, dan Bali Tangia berupa teh rosella dan bingkisan,” ungkapnya.

Share:

administrator