SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Jakarta, kmhdi.org – PP KMHDI publish konten KMHDI Mengkaji dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2021 pada rabu (23/07). Mengangkat topik “Pandemi dan Pengaruhnya Terhadap Tumbuh Kembang Psikis Anak Indonesia”, Konten ini menghadirkan Dewa Ayu Diah Tri Paramita Putri Nida, S.Psi., M.Psi selaku psikolog klinis anak dan remaja sebagai narasumber.

Melalui Chanel YouTube PP KMHDI, dipandu moderator I Wayan Agus Pebriana, berbagai catatan kritis terkait persoalan anak di masa Pandemi pun mengemuka dalam konten berdurasi 32 menit 59 detik tersebut.

I Putu Asrinidevy selaku Presidium II PP KMHDI menuturkan bahwa tujuan dari program kerja KMHDI Mengkaji adalah untuk melatih keterampilan kader dalam berpikir dan menganalisis sebuah isu. Selain itu, konten-konten dalam KMHDI Mengkaji bisa dijadikan sumber rujukan diskusi bagi kader-kader di tingkat cabang dan daerah.

“Harapanya melalui konten ini kader-kader di cabang dan daerah lebih peka terhadap isu-isu dan permasalahan yang ada di lingkungan sosialnya” ujar Devy panggilan akrabnya.

Pandemi Covid-19 telah membuat berbagai hal menjadi terbatas. Kondisi ini berpotensi menghambat tumbuh kembang psikis anak diakibatkan terjadi pembatasan akses misal, pada pendidikan, sosial dan kesehatan yang berpotensi mengganggu tumbuh kembang anak

Dalam pemaparannya Diah Tri Paramita mengatakan untuk anak usia dini proses belajar harus dilakukan secara konkrit. Oleh karena Pembelajaran Jarak Jauh melalui jaringan internet tentu akan mempengaruhi sistem belajar mereka.

“kesiapan orang-orang yang mendampingi anak juga harus lebih diperhatikan. mengingat peran mereka sangat penting dalam proses belajar anak. Metode komunikasi dan interaksi anak yang beralih ke media sosial menggunakan internet, peran orang tua atau orang disekitar anak harus menjadi pengawas yang baik bagi anak” jelas Diah Tri Paramita.

Terkait pengetahuan Pandemi Covid-19 bagi anak, Diah Tri Paramita mengatakan bahwa hal itu sangat penting, terutama agar anak paham bahwa dilingkunganya telah terjadi perubahan besar sehingga dapat menanggulangi sumber kecemasan si anak sendiri

“Misalnya, mengapa orang-orang memakai masker, mengapa lebih banyak diam dirumah, mengapa tidak bisa belajar secara langsung di sekolah malah duduk didepan laptop, hal-hal ini perlu dijelaskan agar tidak menjadi sumber kecemasan bagi si anak ” ujar perempuan yang akrab disapa Diah.

Ia pun menambahkan, bahwa di masa Pandemi Covid-19 para orang tua atau orang disekitar anak harus mulai menyusun jadwal terstruktur dalam keseharian anak. Melalui Jadwal ini, tidak hanya menguntungkan si anak, dalam hal tumbuh kembangnya tetapi juga orang tua.

“Banyak sekali orang tua yang kewalahan karena tanpa adanya jadwal yang jelas, sehingga hadirnya jadwal ini bisa menjadi solusi untuk anak dan orang tua” ujar Diah dalam diskusi.

Share:

administrator