SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Jakarta, kmhdi.org – Jelang Rapat Koordinasi Nasional XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (RAKORNAS XV KMHDI), PP KMHDI resmi luncurkan logo dan tema yang diusung pada kegiatan tersebut. RAKORNAS XV KMHDI yang akan digelar di Mataram pada 30 Juni s.d 3 Juli 2022 nanti mengusung tema “Merawat Indonesia”. Tema ini diambil sebagai wujud dari semangat kader KMHDI se-Indonesia dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai dasar atau falsafah hidup berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila.

Tidak hanya mengusung nilai-nilai kebangsaan, PP KMHDI juga tetap menonjolkan kearifan lokal Nusa Tenggara Barat selaku tuan rumah yang diterjemahkan lewat logo resmi RAKORNAS XV KMHDI. Mengkombinasikan 3 (tiga) unsur di dalamnya, yakni: Rumah Adat Bale Lumbung yang merupakan rumah asli suku Sasak, kemudian unsur Kerang yang menggambarkan bahwa sebagian besar masyarakat Nusa Tenggara Barat, khususnya di Lombok Barat merupakan pengrajin Kerang. Terakhir adalah kain khas Nusa Tenggara Barat yakni motif kain Subehnala.

Putu Yumi Andriani selaku Ketua Departemen Organisasi yang sekaligus bertanggung jawab atas pelaksanaan RAKORNAS XV KMHDI berharap bahwa melalui peluncuran logo ini, PP KMHDI dapat berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata di Nusa Tenggara Barat.

“RAKORNAS XV KMHDI sendiri merupakan sebuah musyawarah besar yang nantinya akan mendatangkan delegasi dari seluruh PD/PC/BPC KMHDI se-Indonesia. Tentu lewat kegiatan ini, kami berharap dapat ikut berkontribusi terhadap pengembangan Nusa Tenggara Barat yang sudah terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan RAKORNAS XV KMHDI,” tutur Yumi.

Ia juga menuturkan bahwa kegiatan ini telah mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat, mulai dari pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kehadiran KMHDI memiliki dampak positif bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat.

“Dukungan secara moril dan materiil tentunya sudah kami terima. Kami juga sudah bertemu dengan pemerintah setempat, seperti: Gubernur NTB, Bupati Lombok Barat, Bupati Lombok Utara, dan beberapa dinas terkait. Tentu kami juga berharap agar mereka hadir dalam pembukaan RAKORNAS XV KMHDI yang akan digelar akhir Juni mendatang,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Putu Asrinidevy Presidium II PP KMHDI. Menurutnya, pemilihan Nusa Tenggara Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan RAKORNAS XV KMHDI bukanlah tanpa alasan. Jika melihat rekam jejak sebelumnya, PD KMHDI NTB bersama PC KMHDI Mataram selalu sukses menggelar perhelatan berskala nasional.

“Tahun ini Nusa Tenggara Barat dipilih oleh kader KMHDI se-Indonesia untuk menjadi tuan rumah RAKORNAS XV KMHDI. Tentu hal ini dilihat dari kesiapan yang sudah matang dari teman-teman PD KMHDI NTB dan PC KMHDI Mataram. Selain itu, Nusa Tenggara Barat sudah beberapa kali melaksanakan kegiatan yang berskala nasional dan berjalan dengan sukses. Baru-baru ini teman-teman di Nusa Tenggara Barat juga sukses menggelar Diklat Jurnalistik Nasional pada tahun 2019,” papar Devy.

RAKORNAS XV KMHDI merupakan ajang evaluasi pengurus PP KMHDI di tahun pertama kepengurusan. Dalam acara ini juga akan ditetapkan bersama langkah-langkah strategis KMHDI secara organisasi agar dapat berguna bagi masyarakat khususnya dalam pengembangan SDM Hindu Indonesia.

Share:

administrator