SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Denpasar, kmhdi.org – Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Bali menggelar Simakrama untuk memperingati 28th berdirinya organisasi KMHDI secara nasional. bertemakan “Refleksi 28th KMHDI”, kegiatan ini secara daring melalui Google Meet selama dua hari pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2021 yang dihadiri oleh alumni serta kader KMHDI se-Indonesia.

Kabiro Organisasi PD KMHDI Bali, I Komang Adi Sudarta yang juga selaku moderator menjelaskan perkembangan KMHDI selama 28th berdiri tidak terlepas dari sistem kaderisasi yang dibangun oleh KMHDI beserta dengan buku-buku pedoman yang masih digunakan hingga kini.

“Perkembangan KMHDI selama 28th berdiri tidak terlepas dari sistem kaderisasi yang dibangun sebelumnya. Oleh karena itu, Simakrama ini sebagai bentuk penghormatan atas karya yang telah disajikan dan cermin keinginan kami untuk mengulik kisah beberapa tokoh dibalik tonggak awal kaderisasi di KMHDI,” jelasnya.

Komang Adi juga menjelaskan Simakrama Alumni ini merupakan salah satu program kerja dari Biro Organisasi PD KMHDI Bali. Tujuan dari diadakannya simakrama ini adalah sebagai forum atau jembatan komunikasi antara kader KMHDI dengan Alumni.

“Kami menyadari bahwa penting adanya sebuah sinkronisasi informasi yang diteruskan dari zaman ke zaman. Sehingga, apa yang dicita-citakan oleh para pendiri, setidaknya masih berbanding lurus dengan perkembangan KMHDI hari ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia mengharapkan agar nilai-nilai, pemahaman dasar dan spirit/semangat dalam ber-KMHDI harus tetap diwariskan dari generasi ke generasi.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Ketua PD KMHDI Bali, I Gede Diyana Putra juga mengharapkan semoga simakrama virtual ini mampu mempererat hubungan emosional antara Alumni dengan Pengurus aktif disaat pandemi, karena sudah jarang bertemu secara langsung.

Adapun topik diskusi pada Sabtu (7/8) yaitu “Tonggak Awal Kaderisasi KMHDI”, dengan narasumber A.A Gede Putra Partanta (Ketua Departemen (Kadep) Litbang Pimpinan Pusat (PP) KMHDI periode 2003-2006), I Gede Kirtana Yoga (Kadep. Kaderisasi PP KMHDI periode 2003-2006), dan Yessi Crosita Octaria (Biro Pendidikan dan Kaderisasi PD KMHDI Jawa Timur periode 2003-2006).

Sedangkan topik diskusi pada Minggu (8/8) yaitu “Perkembangan KMHDI Secara Nasional”, dengan narasumber I Gede Udiantara (Presidium PP KMHDI periode 2003-2006), I Made Mahardika (Presidium PP KMHDI periode 2006-2008), dan I Nyoman Budi Wirayadnya, S. T (Ketua PC KMHDI Surabaya periode 2001-2003).

Share:

administrator