SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Bangli, kmhdi.org – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Bangli laksanakan Ngobrol dan Mengoreksi Informasi (Ngoreksi) kedua secara daring melalui google meet pada senin (16/8).

Mengusung tema “Memperkuat Jiwa Nasionalisme di Era Pandemi” diskusi yang dilaksanakan di bulan kemerdekaan ini bertujuan untuk memperkuat jiwa nasionalisme khususnya pemuda hindu walaupun situasi ditengah pandemi covid-19.

Melalui sambutannya, Ketua PC KMHDI Bangli menerangkan bahwa pentingnya memperkuat jiwa nasionalisme pemuda untuk menjadi ujung tombak bangsa Indonesia.

“Jiwa nasionalisme ini penting bagi generasi muda, yang dimana generasi muda ini merupakan ujung tombak bangsa Indonesia yang menjadi generasi penerus. Maka dari itu, sangat penting bagi generasi muda untuk memperkuat jiwa nasionalisme apalagi pada saat pandemi seperti ini” terangnya.

Haris Brahma Eka Aditya selaku pematik dalam diskusi ini menyampaikan bahwa untuk menggapai jiwa nasionalisme khususnya pemuda Hindu dapat dimulai dari diri sendiri.

“Memperkuat jiwa nasionalisme dapat kita mulai dari memahami faham primordialisme dan etnosentrisme. Dari kedua faham itulah kita dapat menggunakan pandangan dan cara hidup dari sudut pandangnya yang menjadi tolak ukur untuk menilai kelompok lain dan membuat bangsa ini lebih baik lagi serta menumbuhkan dan memperkuat jiwa nasionalisme dapat kita mulai dari hal kecil terlebih dahulu yakni dari diri sendiri” Ungkap Alumni PC KMHDI Bangli itu.

Antusias keikutsertaan peserta dalam diskusi sangatlah besar, mulai dari munculnya pertanyaan-pertanyaan yang dikumandangkan membuat diskusi semakin panas. Salah satunya I Gede Diana Putra, Ketua Pimpinan Daerah (PD) KMHDI Bali bertanya terkait contoh KMHDI untuk menumbuhkan Nasionalisme.

“Bagaimana contoh konkret KMHDI untuk menumbuhkan Jiwa Nasionalisme?” Ucapnya.

Haris Brahma Eka Aditya selaku pematik dalam diskusi ini menanggapi bahwa contoh konkret kader KMHDI dalam upaya menumbuhkan dan memperkuat Jiwa nasionalisme berpedoman dari salah satu jati diri kader yakni Nasionalis.

“Berpedoman dari salah satu jati diri kader yaitu nasionalis, kader KMDI dapat menumbuhkan dan memperkuat Jiwa nasionalisme mereka seperti contoh di setiap kegiatan tidak lupa untuk tetap menyanyikan lagu Indonesia Raya” Jawabnya.

Share:

administrator