SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Badung, kmhdi.org – Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Badung selenggarakan Mareresik Pura, Diskusi Religi, dan Perayaan HUT KMHDI Ke-29 Tahun di Desa Cemagi pada, Sabtu (03/09).

Kegiatan yang merupakan serangkaian dari pelaksanaan program KMHDI Mengajar ini diikuti oleh total 50 partisipan, dengan melibatkan Perbekel Desa Cemagi I Putu Hendra Sastrawan, S.Si., Pimpinan Daerah KMHDI Bali, KMHD Universitas Dhyana Pura, Perwakilan Sekehe Taruna Desa Cemagi, dan Siswa-Siswi SMP Negeri 7 Mengwi.

I Made Arya Bayu Suta, selaku ketua panitia mengatakan bahwa Rangkaian acara ini diawali dengan sembahyang bersama di Pura Kramat Ratu Mas Sakti dan dilanjutkan pembagian kelompok untuk Mareresik di Pura Kramat Ratu Mas Sakti dan Pura Puseh dan Desa Desa Cemagi.

“Kelompok pertama terdiri dari Perbekel Desa Cemagi, Perwakilan STT Desa Cemagi, dan Siswa-Siswi SMP Negeri 7 Mengwi melaksanakan mareresik di Pura Kramat Ratu Mas Sakti, sedangkan kelompok kedua terdiri dari Pimpinan Daerah KMHDI Bali dan KMHD Universitas Dhyana Pura melaksanakan mareresik di Pura Puseh dan Desa Desa Cemagi” jelasnya.

kemudian, acara dilanjutkan dengan Diskusi Religi terkait Sejarah Pura Kramat Ratu Mas Sakti bersama peserta dengan narasumber Perbekel Desa Cemagi. Kemudian acara dilanjutkan dengan Perayaan HUT KMHDI Ke-29 Tahun dengan secara simbolis pemotongan tumpeng dan makan bersama.

Arya Bayu juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menerapkan Konsep Tri Hita Karana yaitu Tiga Penyebab Kesejahteraan yang terdiri dari keharmonisan hubungan antara manusia dengan tuhannya (Parahyangan), manusia dengan alam lingkungannya (Palemahan), manusia dengan sesamanya (Pawongan).

“Konsep Parahyangan sudah diimplementasikan dalam sembahyang bersama di Pura Kramat Ratu Mas Sakti. Konsep Palemahan sudah diimplementasikan dengan melaksanakan mareresik di Pura Kramat Ratu Mas Sakti dan Pura Puseh & Desa Desa Cemagi. Konsep Pawongan juga sudah diimplementasikan dalam bentuk Diskusi dan Makan Bersama peserta dan panitia kegiatan” papar Arya Bayu.

I Putu Hendra Sastrawan, S.Si., selaku Perbekel Desa Cemagi sangat mengapresiasi kegiatan KMHDI Mengajar serta berbagai rangkaian kegiatan lainnya yang dilaksanakan bersama Sekehe Taruna, Anak-Anak Sekolah, dan Mahasiswa dari Universitas yang ada di Kabupaten Badung ini.

“kami berharap kegiatan KMHDI semakin berperan dalam memajukan umat khususnya umat Hindu di Indonesia dan merawat persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jayalah KMHDI. Astungkara.” Tutup I Putu Hendra Sastrawan.

Share:

administrator