SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Badung, kmhdi.org – Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Badung  Menggelar Pelatihan Minat dan Bakat Ngelawar & Ngelilit Sate. Kegiatan yang pertama kali diadakan oleh PC KMHDI Badung ini dilaksanakan di Kantor PHDI Badung dan dibuka langsung oleh Sekretaris Parisadha Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Badung, I Wayan Sukarya (26/6).

Ketua PC KMHDI Badung, Ni Luh Putu Indah Wahyuni mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk mewadahi bakat kader PC KMHDI Badung yang gemar membuat lawar sekaligus untuk memperkenalkan kebudayaan Bali serta sebagai momentum pertemuan PC KMHDI Badung dengan alumni PC KMHDI Badung.

“Selain mewadahi bakat kader danmemperkenalkan budaya bali, kegiatan ini juga sekaligus menjadi momentum pertemuan kami dengan alumni PC KMHDI Badung, terutama menambah keakraban antar kader juga, semoga kedepannya dari kegiatan ini juga bisa menggugah minat para kader juga dalam ngelawar maupun nyate” Ungkap Indah Wahyuni.

Indah wahyuni menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kefasihan menggunakan Bahasa Bali khususnya Bahasa Bali Alus dan ia juga berharap kegiatan ini menjadi tonggak awal dari pergerakan maupun pelatihan kader PC KMHDI Badung.

“luar biasanya lagi, saya selaku mahasiswa Hindu di Bali juga jadi terlatih menggunakan Bahasa Bali Alus, karena menyampaikan salam pembuka kegiatan waktu itu menggunakan Bahasa Bali Alus, para kader pun juga semakin sering mendengar kosa kata Bahasa Bali. Karena kami berharap memang kegiatan ini bisa menjadi tonggak awal dari pergerakan maupun pelatihan-pelatihan selanjutnya dengan penerapan Bahasa bali juga” jelas Indah Wahyuni.

Sekretaris PHDI Badung, Bapak I Wayan Sukarya juga menyampaikan bahwasanya kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan dan menjadi tonggak awal kegiatan inovatif dalam melestarikan kebudayaan Bali selanjutnya

“kegiatan ngelawar dan sate ini kalau dalam lontar Dharma Caruban memiliki banyak varian dan tujuan yang berbeda, kalau yang adik-adik PC KMHDI Badung laksanakan hari ini juga sangat bagus untuk melatih minat dan bakat mereka, ke depan saya sangat berharap KMHDI Badung bisa terus menjadi penggagas kegiatan sperti ini, dengan workshop dan lain sebagainya” ungkapnya.

Kegiatan Pelatihan Minat dan Bakat  yang dilaksanakan Bidang Kaderisasi PC KMHDI Badung ini juga dihadiri langsung oleh alumni salah satunya demisioner Ketua PC KMHDI Badung periode 2011-2013, I Ketut Adiawan yang turut memberikan semangat pendampingan kepada PC KMHDI Badung.

“Ini sangat positif untuk mewadahi minat dan bakat adik-adik saya di KMHDI Badung, bahkan juga menjadi bernilai jika sekaligus melestarikan kebudayaan kita, sehingga PC KMHDI Badung bisa menjadi wadah yang membangun untuk para kader mahasiswa Hindu” tutupnya.

Share:

administrator