PC KMHDI Makassar

Nama PD/PC/Komisariat : PC KMHDI MAKASSAR
Kode PD/PC/Komisariat :  7371
Nama Ketua : Ganggadatta
Alamat : Jln. Perintis Kemerdekaan 12
Provinsi : Sulawesi Selatan
Email : pc.makassar@kmhdi.org
Sejarah Terbentuk :

 “Semangat Juang berdirinya PC KMHDI Makassar”

 

Gagasan pendirian Pimpinan Cabang (PC) dimulai sejak keluarnya hasil Mahasabha X di Kendari,Sulawesi Tengah. Gagasan untuk dibentuknya PC KMHDI Makassar mulai mendapatkan perhatian lebih sejak masa kepengurusan PD KMHDI Sulawesi Selatan periode 2013 – 2015 yang diketuai oleh “Putu Wiratnaya, S.Kom.,M.Si.”. yang dibahas dalam sebuah rapat internal pengurus. Dimulai sejak periode kepengurusan 2013 – 2015 tersebut mewujudkan terbentuknya PC KMHDI Makassar adalah salah satu tujuan yang tidak mungkin tercapai pada saat itu. Karena kondisi dan persoalan internal yang lebih menyita perhatian. Penolakan berdirinya Pimpinan Cabang kemudian dibahas dalam forum rapat anggota PD KMHDI Sulawesi Selatan. Yang pada saat itu menghasilkan keputusan berbagai alasan penolakan pembentukan Pimpinan Cabang di Kota Makassar. Beberapa hal yang menjadi kendala terbentuknya PC KMHDI Makassar pada saat itu adalah :

  1. Menolak adanya PC di 1 ibu kota.
  2. Kurangnya dukungan dari senior dan alumni dengan alasan akan terjadinya perpecahan akibat persaingan antara PD dan PC.
  3. Pemahaman kader tentang tugas dan fungsi keberadaan PD dan PC masih rendah.
  4. Secara administrasi belum ada pedoman yang dapat dijadikan dasar pembentukan PC, pada saat itu.

Penolakan pembentukan Pimpinan Cabang di kota Makassar tidak hanya sampai pada saat itu. Berlanjut pada periode kepengurusan PD KMHDI SUL-SEL 2015-2017 yang diketuai oleh “Semara Jana., S.E.” terbentuknya pimpinan cabang ternyata menjadi hal yang tidak mungkin pula, sebagian besar pengurus pada masa kepengurusan periode 2015 – 2017 ini nyatanya juga menolak untuk mewujudkan berdirinya Pimpinan Cabang di Kota Makassar, dengan alasan yang sama. Sehingga tidak ada alasan yang kuat untuk didirikannya Pimpinan Cabang pada masa itu. Pada Lokasabha XII PD KMHDI SUL-SEL melahirkan masa kepemimpinan baru untuk periode kepengurusan 2017-2019 yang diketuai oleh “Wayan Budiarsana, S.E.”. Seiring perkembangan organisasi dengan berbagai pertimbangan dan penguatan akan dibentuknya PC KMHDI Kota Makassar akhirnya disepakati pada periode kepengurusan ini. Yang dibahas bersama dalam forum rapat anggota pada 20 April 2018 juga didampingi senior dan alumni. Dimana, pada tahun kedua kepengurusan tahap – tahap untuk diwujudkannya PC KMHDI Kota Makassar mulai direalisasikan. Sebagai langkah awal yaitu dibentuknya Tim Khusus yang terdiri dari 7 orang, diantaranya Novi Lestari, Gede Jarika, Wayan Oky Kusuma Putra, Purmiyanti, Ayu Riski Wahyuni, Kadek Arianto yang di Koordinatori oleh “Putu Eko Widnyana” selaku ketua biro organisasi PD KMHDI SUL-SEL. Proses Melengkapi administrasi, hingga sabha yang jatuh pada 13-14 April 2019. Mekanisme didirikannya Pimpinan Cabang sesuai instruksi Pimpinan Pusat KMHDI, yaitu :

 

  1. Dibentuknya komisariat sebagai tahap awal untuk melaksanakan tahapan pemebentukan PC.
  2. Komisariat harus melaksanakan minimal 2 kali Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) sebagai salah satu tahap kaderisasi pokok KMHDI.
  3. Komisariat harus melalui sekurang-kurangnya 2 kali kegiatan mandiri.

 

 

Pada Sabtu –  Minggu ( 18-19 Agustus 2018) di Tanjung Bayang, Makassar, Tim Khusus melaksanakan MPAB 1 dalam rangka pembentukan Komisariat Makassar. Melalui Tema Kegiatan “Menanamkan Jati Diri KMHDI, Untuk Kader Yang Profesional” Komisariat  Makassar akan memberikan warna baru dan semangat baru bagi KMHDI untuk menjadi Kader yang berpegang teguh pada jati diri KMHDI (Religius, Nasionalis, Humanis dan Progresif) dalam melaksanakan Dharma Agama dan Dharma Negara secara Profesional.

Tulang rusuk KMHDI adalah Kader yang Militan dengan keteguhan dalam mengemban tugas sebagai Mahasiswa – Mahasiswi Hindu yang mampu berjalan beriringan dalam lingkar KMHDI. Dengan terpilihnya saudari “ Ni Made Divya Sanita” sebagai Koordinator Komisariat  Makassar dan Wakilnya “ Yudi Sanjaya” semangat baru itu dipercayakan kepada mereka sebagai perwakilan dari 21 anggota Komisariat lainnya yang telah disahkan dan dikukuhkan dalam MPAB 1 ini.

Pada 20 – 21 Oktober 2018 bertempat di Bantimurung MPAB II dilaksanakan dengan tema yang sama dengan MPAB I. Kegiatan MPAB II ini diikuti oleh 63 calon anggota Komisariat Makassar. Dan dikukuhkan setelah kegiatan terlaksana sebanyak 63 orang pula. Kegiatan mandiri selanjutnya yaitu pelaksanaan ramah tamah oleh Komisariat KMHDI Makassar yang dilaksanakan pada 23 – 24 Maret 2019 di Tanjung Bayang. Kegiatan yang dihadiri oleh pengurus serta senior dan alumni ini bertujuan untuk membina keakraban antar kader. Dengan konsep “Estetika Berorganisasi” kegiatan ramah tamah ini semakin mengeratkan kebersamaan antar kader, khususnya para kader baru yang menjadi panitia pelaksana kegiatan ini.

Setelah berbagai mekanisme yang harus dipenuhi dalam mewujudkan terbentuknya PC ini, akhirnya diadakan rapat anggota untuk menindaklanjuti segala proses yang telah dilaksanakan, menuju Sabha pembentukan PC KMHDI Makassar. Keputusan rapat pada 27 Maret 2019 tentang kesiapan melaksanakan Sabha akhirnya diputuskan. Dan menghasilkan keputusan tanggal dilaksanakannya Sabha I Komisariat KMHDI Makassar yaitu 13 – 14 April 2019.

Melalui sabha I Komisariat KMHDI Makassar yang dilaksanakan di Gedung Vyata Satya Karma, Pura Giri Natha Makassar terbentuklah PC KMHDI Makassar. Pemilihan Nahkoda baru untuk PC KMHDI Makassar pun berjalan alot dengan berbagai pertimbangan demi kemajuan organisasi di tingkat kota ini. Dengan disepakatinya dua calon yang akan dipilih secara langsung yaitu antara Made Andika dan Gangga Data yang akhirnya PC KMHDI Makassar diketuai oleh “Gangga Data” sebagai ketua terpilih dengan sekretaris Iluh Devi Sania dan Iluh Sri Agustini sebagai Bendahara.

Dengan berdirinya PC KMHDI Makassar sebagai salah satu pimpinan cabang yang berada di kota makassar diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan organisasi demi kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik sebagai kaum intelektual yang merupakan garda terdepan menuju bangsa yang sejahtera. Dibawah naungan PD KMHDI Sulawesi Selatan, PC KMHDI Makassar dan PC KMHDI Palopo diharapkan dapat menjalin sinergisitas untuk bersama mewujudkan KMHDI yang berjaya, cerdas dan perduli terhadap bangsa.

 

Susunan Pengurus :