SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Luwu Timur, kmhdi.org-PC KMHDI  Makassar menggelar KMHDI Mengajar di ujung Kabupaten Luwu Timur, tepatnya di desa Kalosi SP II, Kecamatan Towuti. Kegiatan ini menyasar anak anak yang tinggal dipedesaan atau daerah dipelosok dan memberikan materi keagamaan maupun umum kepada mereka. Kegiatan berlangsung selama dua hari, pada Sabtu hingga minggu (19-20/11)

Desa Kalosi yang kali ini menjadi tempat KMHDI mengajar oleh PC KMHDI Makassar, merupakan sebuah desa yag ada di ujung (pelosok) Luwu Timur. Untuk Mengakses desa ini seluruh rombongan dari PC KMHDI Makassar harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, melewati kaki gunung dan danau Towuti.

Masyarakat Hindu yang tinggal di desa ini hanya berjumlah 19 kepala keluarga dan merupakan masyarakat transmigrasi dari daerah Singaraja, Bali sejak tahun 2010. Jumlah umat yang masih sedikit dan lokasi desa ini yang cukup terpencil inilah yang menyebabkan kurangnya tenaga didik  Agama Hindu. Hanya ada 1 guru yang usianya sudah cukup renta dan harus mengajar agama dari tingkat SD, SMP dan SMA.  

Kegiatan KMHDI mengajar diawali dengan acara pembukaan di Pura Bhuwana Sari yang dihadiri oleh Ketua PD KMHDI Sulawesi Selatan, Gangga Datta, Ketua PC KMHDI Makassar, Ayumita Reskiyani, penyuluh dan  Perwakilan PHDI desa Kalosi, Tri Mulyati dan masyarakat Hindu desa Kalosi.

Masyarakat menyambut baik kedatangan rombongan PC KMHDI Makassar. Mereka sangat antusias. Perwakilan PHDI desa Kalosi mewakili masyarakat pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada PC KMHDI Makassar atas kegiatan yang sangat bermanfaat ini

” Terima kasih untuk PC KMHDI Makassar sudah mau datang kesini mengajar anak anak kami. Ilmu itu tidak murah tapi kalian mau mengajar kami dipelosok negeri. Kalau kami ada kegiatan seperti ini, orang tua juga ikut berpartisipasi, dan kami sangat antusias” ucap Tri Mulyati

Adapun materi yang diberikan pada kegiatan KMHDI mengajar yaitu moderasi beragama, HIV/AIDS, kepemimpinan Hindu dan English time. Pada hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan praktek upakara, Tirtayatra dan bakti sosial di area pura Bhuwana Sari. Kegiatan ini diakhiri dengan acara penutupan di pura Bhuwana Sari. 

Acara penutupan dirangkaikan dengan penyerahan cindera mata kepada masyarakat Hindu desa Kalosi yang di wakili oleh bapak Dewa Komang Suweca selaku ketua PHDI desa Kalosi.

Harapannya dengan adanya kegiatan KMHDI mengajar ini, anak anak bisa menerima materi dengan baik dan menambah pengalaman mereka. 

Selain itu, PC KMHDI Makassar juga berharap kegiatan bisa menambah rasa kepedulian terhadap anak-anak dipelosok negeri dan bisa melanjutkan program kerja KMHDI mengajar berikutnya. 

Share:

administrator