SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Jember, Kmhdi.org – Bidang Pengabdian Masyarakat Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Jember melaksanakan kegiatan KMHDI Mengajar pada Minggu (18/09). Kegiatan dilaksanakan di Pasraman Ganesha Kumara, Patrang, Jember dengan peserta didik siswa sekolah dasar yang beragama Hindu. 

Anggota Bidang Pengabdian Masyarakat PC KMHDI Jember bersama guru-guru mendampingi anak-anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang rutin diadakan setiap hari Minggu pagi. Kegiatan pembelajaran meliputi sembahyang bersama, membaca sloka, materi Pendidikan Agama Hindu, dan belajar sambil bermain. Kegiatan belajar seperti ini sebelumnya sempat terhenti akibat pandemi COVID-19, baru dilanjutkan kembali sejak bulan Agustus 2022.

Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat PC KMHDI Jember, Nanda Yuliasih Triwigati, menjelaskan bahwa kegiatan KMHDI Mengajar merupakan bentuk nyata komitmen PC KMHDI Jember dalam mengembangkan pendidikan Hindu, terutama yang berhubungan dengan pembentukan karakter anak sejak usia dini. 

Pendidikan keagamaan dan budi pekerti adalah dasar dari pengembangan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, generasi muda Hindu sudah seharusnya menaruh perhatian pada upaya-upaya pengembangan pendidikan Hindu.

“Kami berharap, kegiatan serupa bisa diadakan rutin di semua tempat yang ada umat Hindu di sana, terutama usia anak-anak. Sejak dini, anak-anak Hindu hendaknya mendapatkan pendidikan yang lengkap dengan fasilitas yang layak,” ungkap Nanda 

Nanda dan rekan rekan juga berharap anak-anak Hindu semakin aktif dalam kegiatan keagamaan, serta memiliki kecerdasan intelektual maupun religius demi peningkatan Sradha, Bhakti, dan kualitas sumber daya manusia Hindu di masa mendatang.

Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan mengikuti jadwal Pasraman, tidak hanya sekali atau dua kali. Tujuannya agar kader PC KMHDI juga bisa memantau perkembangan peserta dan membuat inovasi-inovasi kegiatan pembelajaran yang lebih menarik bagi anak-anak. Sebagai outcome nantinya, PC KMHDI Jember ingin menyebarkan manfaat seluas-luasnya bagi anak-anak Hindu yang nantinya akan menjadi bagian dari tonggak masa depan pembangunan bangsa.

Share:

administrator