SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Jember, kmhdi.org-Pimpinan Cabang KMHDI Pimpinan Jember melaksanakan kegiatan Sadhana Camp yang diadakan pada, Sabtu dan Minggu (24-25/09). Kegiatan dilaksanakan di Pura Tri Widya Dharma, Dusun Banjarejo, Desa Gunungsari, Kecamatan Umbulsari, Jember. Kegiaatan diikuti sebanyak 95 orang yang terdiri dari siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas beragama Hindu.

Kader PC KMHDI  Jember bersama umat Hindu di Desa Gunungsari berupaya untuk mengenalkan kepada peserta bahwa pembelajaran keagamaan tidak hanya dilakukan di sekolah saja, namun bisa dilakukan di luar sekolah dengan suasana yang lebih santai. Rangkaian acara Sadhana Camp 2022 meliputi Dharma Tula, materi, Gita Mahatmya, yoga bersama, lomba-lomba keagamaan, dan outbond.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu “Bersama KMHDI Membangun Generasi Muda yang Adatif, Progresif, Berwawasan Global dan Cerdas Spiritualitas Berlandaskan Kearifan Lokal dan Tri Hita Karana”. Ketua pelaksana Sadhana Camp 2022, I Gede Surya Dwipangga, menJelaskan Tema ini diharapkan mampu memberikan keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual pada generasi muda Hindu, terutama siswa atau pelajar.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberi pemahaman terkait isu konversi agama. Ketua PC KMHDI Jember, Tri Budi Waluyo, juga menegaskan hal ini juga disebabkan oleh minimnya tenaga didik agama Hindu.

“Saat ini, banyak sekali isu-isu konversi agama yang dilatarbelakangi oleh berbagai faktor seperti, kurangnya pengetahuan tentang agama Hindu, rasa minder sebagai minoritas, dan juga yang sering terjadi pernikahan tidak seagama. Selain itu, masih minimnya tenaga pendidik Agama Hindu yang ada, menggugah kani untuk turut meningkatkan Sradha Bhakti generasi muda Hindu, yang salah satunya dengan Sadhana Camp.”

Sadhana Camp 2022 mengadopsi konsep pasraman kilat, namun dikemas lebih menarik dan kreatif bagi peserta. Kegiatan ini didukung oleh semua komponen organisasi Hindu, baik tingkat pusat melalui Dirjen Bimas Hindu, kabupaten, dan kecamatan.

Sadhana camp dilaksanakan tidak hanya untuk pendidikan agama saja melainkan untuk memperkenalkan kepada peserta arti dari kekeluargaan, dan mengenal teman-teman yang lainya. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kualitas dari peserta di Desa Umbulsari dari segi Agama.

Share:

administrator