NI LUH PUTU GOPI JANAWATI

Perempuan dengan nama lengkap Ni Luh Putu Gopi Janawati yang akrab disapa Gopi, lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 22 Januari 1995. Gopi merupakan anak sulung dari empat bersaudara dari pasangan I Putu Gonjanarka dan Ni Wayan Suladri.

Gopi melewati masa Taman Kanak Kanak di TK Dwijendra Mataram, lalu bersekolah di SD Dwijendra Mataram. Gopi merupakan anak yang pandai, dengan segudang prestasi yang dimilikinya, peringkat juara selalu ia dapatkan, hingga lulus Sekolah dasar ia melanjutkan ke SMP Negeri 5 Mataram, berbagai ekstrakulikuler diikuti mulai dari pencak silat hingga drum band. Tiga tahun menempuh pendidikan di SMP Gopi melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 2 Mataram.

Sejak SMA Gopi terbilang aktif di kegiatan organisasi, mulai dari menjadi anggota paskibra SMAN 2 Mataram, pengurus kerohanian Hindu , anggota kaderisasi Forum Komunikasi Siswa Hindu (FOKUSH) Kota Mataram, dan bendahara STT Padmasanthi di kampungnya. Keaktifan Gopi dalam berbagai kegiatan organisasi dipengaruhi oleh ayahnya yang selau mengajaknya dalam kegiatan maupun rapat organisasi yang dibina ayahnya, sehingga seringkali Gopi dijuluki anak bawang.

Setelah lulus SMA, Gopi melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Universitas Mataram dengan mengambil jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Kecintaannya pada bidang pendidikan serta anak-anak membuatnya melanjutkan pendidikan di jurusan tersebut. Minat ini sudah terlihat sejak ia kecil. Jika anak perempuan se usianya lebih suka bermain boneka atau masak-masakan, Gopi lebih memilih untuk bermain guru-guruan, dengan ia yang berperan sebagai guru dan semua murid harus mengerjakan semua soal yang diberikan Gopi hingga pelajaran berakhir dan mendapatkan nilai serta raport fiktif yang dibuat Gopi.

Saking tertariknya dengan dunia pendidikan, Gopi senang mengumpulkan anak-anak disekitar lingkungan rumahnya untuk diajak bermain sambil belajar. Tiap hari rumahnya dipenuhi oleh anak-anak yang bermain, hal tersebut dimanfaatkan Gopi untuk memberikan les gratis kepada anak-anak di lingkungan rumahnya. Hingga setiap pulang sekolah, anak-anak di kampungnya antusias untuk belajar di rumahnya, saking antusiasnya bahkan mereka rela menunggu sampai Gopi pulang sekolah. Orang tuanya sangat mendukung keseharian nya dan tetangga juga merasa terbantu karena anak-anak mereka tidak terlalu sibuk bermain hingga lupa belajar. Kadang-kadang jika ada PR yang diberikan di sekolah tidak bisa dikerjakan, rumah Gopi menjadi tujuan utama untuk menyelesaikannya.

Selain disibukan dengan kegiatan organisasi, sejak semester 3 Gopi telah menjadi tenaga penagajar di salah satu lembaga bimbingan belajar di Mataram. Hal ini ia lakukan untuk mengasah kemampuan mengajarnya dan mencoba mandiri dengan mencari uang saku dari hasil kerjanya sendiri. Meskipun disibukan dengan berbagai kegiatan organisasi dan jam kerja yang padat, Gopi tetap bisa membagi waktu untuk fokus menyelesaikan S1 hingga ia mampu lulus tepat waktu dengan nilai yang sangat baik.

Menurutnya, semakin banyak aktivitas yang harus dijalani maka semakin terlatih ia untuk membagi waktu karena tuntutan yang akhirnya memaksanya untuk disiplin terhadap waktu. Selain itu, kerja sama tim dalam organisasi dan dukungan dari keluarga dan orang terdekat yang membuatnya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Setelah satu tahun lulus dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dari Universitas Mataram Gopi melanjutkan studinya dengan mengambil jurusan Ilmu Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Jakarta untuk meraih gelar Magister Pendidikan (M.Pd).

Karir organisasi Gopi di KMHDI sudah dimulai sejak awal masuk kuliah dengan mengikuti berbagai program pendidikan dan pelatihan seperti Diklat Manajemen Organisasi tahun 2012 dan Training of Trainer KMHDI Tingkat Nasional II (11-14 Juli 2013). Setelah satu tahun bergabung di PC KMHDI Mataram, Gopi dipercaya untuk menjadi Ketua pada periode 2013-2015. Saat menjabat menjadi ketua, berbagai program telah dijalankannya, salah satunya adalah menjadi tuan rumah Diklat Kewirausahaan tingkat Nasional pada tahun 2015.

Setelah purna tugas di PC KMHDI Mataram, Gopi terpilih menjadi Bendahara Pimpinan Pusat KMHDI Periode 2016-2018 pada Mahasabha di Kendari dan pada saat Mahasabha di Yogyakarta Gopi terpilih kembali sebagai Presidium II Pimpinan Pusat KMHDI dengan tupoksi Bendahara Umum. Selama menjabat di Pimpinan Pusat, Gopi telah menyelesaikan Buku Pedoman Administrasi Keuangan yang dapat dijadikan acuan secara nasional oleh bendahara KMHDI untuk menyusun laporan keuangan.

 

 

 

WhatsApp chat