SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Tabanan, kmhdi.org – Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Provinsi Bali laksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-XIII yang dibuka langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya , SE.MM. Diselenggarakan dengan rangkaian Seminar Moderasi Beragama, kegiatan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 26-27 Februari 2022 di Gedung DPRD Tabanan.

Seminar Moderasi Beragama menjadi acara pembuka Rakerda XIII menarik perhatian khusus. Pasalnya seminar ini dianggap menjadi salah satu pelopor untuk membangkitkan semangat pemuda dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan di tengah keberagaman beragama.

Dalam sambutannya, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya , SE.MM mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Rapat Kerja Daerah yang dilaksanakan oleh PD KMHDI Bali. Beliau juga berharap agar nantinya kader KMHDI dapat bersinergi dengan pemerintah serta organisasi-organisasi kemahasiswaan lainnya untuk saling menjaga semangat untuk kemajuan Bali kedepannya.

“Saya berharap nantinya kader KMHDI Bali dapat menjadi pelopor Hindu kedepannya dan dapat menjaga toleransi antar umat beragama. Kader-kader KMHDI nantinya diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah serta organisasi -organisasi kemahasiswaan yang ada, untuk saling menjaga spirit satu kesatuan yang dapat memberikan warna tersendiri bagi kemajuan Bali kedepannya” ucap Bupati Tabanan.

Sementara itu, I Nyoman Dayuh, S.Ag.M.Si selaku Narasumber yang membahas mengenai keberagaman dalam dinamika berbangsa dan bernegara mengatakan bahwa kerukunan dan keharmonisan di dalam keberagaman dapat diwujudkan dengan menjadi generasi yang Moderat atau dengan kata lain menjadi penengah dalam beragama.

“Agama memang tidak bisa kita jadikan Moderat, akan tetapi cara-cara beragama yang harus kita lakukan secara moderat” ujar I Nyoman Dayuh.

Ditemui di tempat kegiatan, Ketua Panitia Rakerda XIII PD KMHDI Bali I Kadek Wira Sukanada menjelaskan bahwa dilaksanakannya Seminar Moderasi Beragama bertujuan untuk menjaga keharmonisan bangsa, yang dimana moderasi beragama merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan baik ditingkat lokal, nasional maupun global.

“Seminar Moderasi Beragama yang merupakan salah satu kunci terciptanya toleransi dan kerukunan bangsa, diperlukan moderasi salah satunya moderasi beragama agar tercipta toleransi dan kerukunan baik di tingkat lokal, nasional maupun global. Saya harapkan seminar ini dapat mengajak peserta agar senantiasa menjaga dan mengawal jalannya moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat, tujuannya agar kedamaian, keselarasan, dan ketentraman dalam masyarakat senantiasa tercipta dan terjaga.” Ujar I Kadek Wira Sukanada.

Turut hadir pula beberapa pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam acara pembukaan Rakorda XIII PD KMHDI Bali, diantaranya adalah Ketua DPRD Tabanan, Sekda Tabanan, Majelis Desa Adat (MDA) Tabanan, dan juga elemen-elemen organisasi lainnya.

Share:

administrator