SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Karanganyar, kmhdi.org – Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia bekerjasama dengan BEM dan UKM Hindu Perguruan Tinggi yang ada di Jawa Tengah selenggarakan Millennial Hindu Festival. Mengusung tema “Generasi Muda Hindu yang Progresif dan Berbudaya, kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada 14-16 Mei 2021.

Ketua Presidium Pimpinan Pusat KMHDI, I Putu Yoga Saputra menyampaikan bahwa selain ajang pertemuan dan simakrama antar Mahasiswa Hindu se-Jawa Tengah, kegiatan ini juga bertujuan untuk melahirkan kesadaran dan pemahaman mahasiswa Hindu tentang moderasi beragama serta memperkokoh wawasan kebangsaan.

“ini bukan hanya ajang pertemuan dan Simakrama, tapi ini juga memberikan pemahaman tentang swadharma sebagai generasi muda hindu baik Dharma Agama maupun Dharma Negara, karena nanti di rangkaian acara akan dilakukan beberapa diskusi tentang wawasan kebangsaan dan moderasi beragama” jelasnya.

Yoga Saputra juga menambahkan bahwa selain berfokus pada SDM Muda Hindu, kegiatan Millennial Hindu Festival juga menjadi ajang untuk memperkenalkan dan menanamkan kepada generasi muda untuk melestarikan budaya dan warisan leluhur yang ada di Jawa Tengah.

“Nantinya kegiatan ini bukan hanya seminar, tapi sebagai bentuk kita untuk menanamkan nilai budaya pada generasi muda kita akan kolaborasikan dengan pentas budaya. Nanti akan ada pementasan Wayang Kulit, Tari Jawa dan juga Tari Bali” tambahnya.

Ditemui di tempat kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana Gde Bayu Pangestu AW mengatakan bahwa kegiatan ini akan di ikuti oleh seluruh Mahasiswa Hindu yang ada di Jawa Tengah dan juga Pelajar Hindu yang ada di Kabupaten Karanganyar.

“Astungkare, berdasarkan data terakhir sudah ada 100 lebih Mahasiswa Hindu se Jawa Tengah yang mendaftar kepada panitia. Selain itu kita juga sudah berkomunikasi dengan Peradah Kabupaten Karanganyar dan mereka mengkonfirmasi ada puluhan Pelajar juga yang ikut bergabung,” ujarnya.

Adapun Organisasi Kemahasiswaan berbasis Hindu yang tergabung dalam kegiatan ini adalah, Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Diponegoro (KMHD UNDIP), Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Semarang (UNES), Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Sebelas Maret Surakarta (KMHD UNS) dan Badan Eksekutif Mahasiswa STHD-Klaten.

Share:

administrator