SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Kupang, kmhdi.org – Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Nusa Tenggara Timur laksanakan Diklat Manajemen Organisasi (DMO) XVI secara Hybrid. Mengusung tema “Menciptakan Kader Unggul Yang Berjiwa Kepemimpinan, Berkarakter, dan Berwawasan “, kegiatan dilaksanakan di Wantilan Pura Agung Giri Kertha Bhuana, Kota Kupang, Provinsi NTT selama 3 hari, yakni tanggal 21-23 Januari 2022.

Diklat Manajemen Organisasi (DMO) merupakan program kerja dari Biro Kaderisasi yang rutin di laksanakan setahun sekali setelah 3 bulan dilaksanakannya MPAB yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada kader KMHDI tentang manajemen organisasi. Dilaksanakan di masa pandemi, Diklat Manajemen Organisasi kali ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaannya dilakukan secara hybrid. Dengan dihadiri oleh 9 kader secara offline dan 1 kader secara online..

Dibuka secara langsung oleh PLT Ketua PD KMHDI NTT Ni Nyoman Putri, dalam sambutannya ia mengucapkan rasa terima kasih kepada panitia, peserta baik online maupun offline, serta para alumni yang menyempatkan hadir dalam DMO kali ini. Ia juga menyampaikan bahwa DMO adalah kegiatan yang wajib dikuti setelah MPAB.

“Mengapa wajib mengikuti DMO? karena melalui kegiatan ini kalian akan mempelajari lebih dalam lagi materi-materi yang sebelumnya sudah didapat di MPAB, jadi kalian akan belajar lebih dalam lagi tentang materi sebelumnya yang akan teman-teman terima dan dapat mengaplikasikannya saat berorganisasi kedepan,” ucapnya.

Tidak hanya memberikan pengetahuan dasar dalam berorganisasi, DMO juga mengajarkan para kadernya untuk selalu menjalin kebersamaan dan kekeluargaan sebagai satu kesatuan yang utuh. Hal ini terlihat dari interaksi yang terjalin, yang dimana tidak hanya para pengurus, namun alumni PD KMHDI NTT juga turut hadir untuk memeriahkan dan berinteraksi langsung dengan para kader baru dalam kegiatan sharing dan bermain game bersama.

Sementara itu, Diana selaku Ketua Panitia DMO XVI PD KMHDI NTT menjelaskan bahwa selama proses penyelenggaraan kegiatan memang terdapat kekurangan namun dapat diatasi dan terlaksana secara tuntas hingga akhir acara.

“Dari proses persiapan hingga hari H dapat terselesaikan dengan baik, para peserta juga ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Saya berharap untuk kegiatan DMO selanjutnya harus bisa lebih baik dari sekarang dan menciptakan kader yang berkualitas,” paparnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Diklat Manajemen Organisasi ini, diharapkan para kader tetap menjalin hubungan kekeluargaan dan kekompakan antara satu dengan yang lainnya dan dapat meningkatkan wawasan/pengetahuan dan kemampuan mereka mengenai organisasi KMHDI itu sendiri. Selain wawasan dan kemampuan juga dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan dan berkarakter agar para kader dapat melatih dan mempersiapkan diri untuk menjadi pengurus di periode berikutnya.

Dalam kegiatan ada 8 Materi yang disampaikan dalam DMO antara lain, analisis SWOT, Garis-garis Besar Program Kerja (GBPK), Program Kerja, Administrasi Kesekretariatan, Administrasi Keuangan, Proposal & LPJ, Musyawarah & Teknik Persidangan, serta 2 materi tambahan yakni Jurnalistik dan ERP (Enterprise Resource Planning). Tak hanya pemaparan materi, dalam kegiatan juga dilaksanakan diskusi dan praktik langsung mengenai materi yang disampaikan, sehingga para kader dapat lebih memahami dan mengimplementasikan secara langsung.

Share:

administrator