SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Mataram, kmhdi.org -PC KMHDI Mataram menggelar Dialog Kebangsaan yang dilaksanakan dalam kegiatan Pentas Kebangsaan sebagai implementasi jati diri nasionalisme KMHDI serta dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 tahun, (14/08).

Kegiatan ini bertajuk “Satukan Semangat Kemerdekaan Wujudkan Indonesia yang Lebih Kuat” dilaksanakan atas dasar rasa kesadaran kader PC KMHDI Mataram bahwa kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bersumber dari bangsa yang heterogen yang harus dijaga untuk menyatukan semangat kemerdekaan dari berbagai  ras, suku, agama dan latarbelakang lainnya.

Dialog kemudian menghadirkan tiga narasumber, yaitu Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., M.Si., Kasat Binmas Polresta Mataram, Kompol Tauhid, S.H, serta Kesbangpol sekaligus membuka kegiatan, Drs. I Made Gede Yama, MM. Ketiga narasumber ini menyampaikan tiga poin penting, yakni wawasan kebangsaan, arti kemerdekaan, dan pluralisme di NKRI. 

“Indonesia terdiri dari berbagai ras, suku, agama, etnis hal-hal ini tak lain adalah kekayaan budaya dan identitas bangsa Indonesia. Oleh karena itu yang disamakan adalah cara berpikir dan prinsip bahwa NKRI ini adalah harga mati”, tutur Wayan Wirata. 

Sementara itu, bapak Tauhid menjelaskan dalam menyambut eforia kemerdekaan RI, pihak kepolisan tengah melakukan penjagaan, pengawalan dan pengamanan dalam berbagai kegiatan kemerdekaan untuk mengantisipasi adanya potensi ancaman khususnya di masyarakat.

Selanjutnya, I Made Gede Yama menyatakan bahwa lemahnya wawasan kebangsaan di kalangan pemuda adalah karena kurangnya implementasi 4 pilar kebangsaan NKRI. 

“Empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka tunggal ika harus bener benar dilaksanakan. Menurunya Rasa persatuan dan kesatuan dinegara ini karena para pemuda sering melupakan 4 pilar tersebut yang merupakan wawasan kebangsaan Indonesia”, tegas beliau. 

PC KMHDI Mataram berharap dengan terselenggaranya dialog kebangsaan ini dapat menjadi wadah bagi para kader dan masyarakat untuk membuka wawasan terhadap pentingnya nilai nasionalosme.

Share:

administrator