SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Denpasar, kmhdi.org – Menghadapi masa pandemi Covid-19, kebutuhan darah yang diperlukan sangat banyak. Bahkan beberapa rumah sakit hingga mengalami krisis darah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate menggelar kegiatan Donor Darah bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila pada Selasa (1/6).

Krisis darah di masa pandemi Covid-19 ini disebabkan karena banyak masyarakat yang belum kembali aktif melaksanakan kegiatan donor darah. Ditambah lagi saat ini sedang dalam masa vaksinasi Covid-19, dimana masyarakat baru diperbolehkan melakukan donor darah ketika sudah melaksanakan vaksinasi tahap kedua.

“Adanya kegiatan ini dapat membantu kami di UTD PMI Provinsi Bali untuk menambah jumlah ketersediaan darah, karena di saat musim pandemi ini banyak kelompok pendonor yang belum aktif melaksanakan kegiatan donor darah sementara kebutuhan darah semakin meningkat”, ungkap Citra Kartika S. selaku Perhimpunan Donor Darah Provinsi Bali.

Kegiatan Donor Darah ini dapat terlaksana atas kerja sama dengan Perhimpunan Donor Darah Provinsi Bali yang terdiri dari petugas donor sebanyak 4 orang, tes Hb sebanyak 2 orang, dokter 2 orang, dan data inputer sebanyak 2 orang. Tentunya dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Saat ini sudah berhasil mengumpulkan 65 kantong darah, dimana darah tersebut akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan darah khususnya di Rumah Sakit Sanglah Denpasar. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin”, ujar Citra.

Share:

administrator