SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Konsistensi KMHDI Sumatera Selatan dalam
Menjaga Tradisi Simakrame
Bertanya kepada teman, rekan, tetangga, atau siapapun mereka yang bergelar umat ”Non-Hindu” mengenai Hindu itu sendiri, pasti mereka mengingat Nyepi. Ya, begitu identiknya Nyepi dalam melapisi dan memberi identitas Hindu. Begitu Nyepi sudah tersohor layaknya selebritas papan atas, yah….mereka yang berciri khas. Begitu pula Hindu dengan Nyepi sebagai ciri khasnya. Hari raya Nyepi ini dirayakan setiap setahun sekali dalam memperingati pergantian tahun baru saka. Beberapa hari sebelum hari raya Nyepi tiba, berbagai macam upacara penyucian para dewa, manusia dan alam sekitar dilaksanakan lebih dulu. Rangkaian upacara tersebut pertama ada upacara melasti yaitu penyucian diri dan alam, upacara ini dilakukan di danau, pantai, atau sungai besar. Pada saat sehari sebelum hari raya Nyepi kita melakukan upacara Pengerupukan, upacara Pengerupukan ini dilakukan untuk mengusir buta kala di rumah atau lingkungan tempat tinggal.
Tibalah hari raya Nyepi, pada saat ini tidak ada seorangpun yang melakukan aktivitas seperti biasa karena pada saat ini umat Hindu hanya boleh melakukan Catur Brata Penyepian yang artinya empat penyepian. Yang pertama, amati geni atau tidak boleh menyalakan api, amati karya atau tidak boleh bekerja, amati lelungan atau tidak boleh bepergian dan hanya berdiam dirumah, yang terakhir amati lelangungan atau tidak boleh menggunakan hiburan atau pun berfoya-foya. Hari raya Nyepi diakhiri dengan hari Ngembak Geni. Ngembak Geni dalam artian umat Hindu diartikan sebagai hari untuk silahturahmi atau suka cita bersama rekan dan keluarga dalam menyambut pergantian tahun baru saka. Memanfaatkan acara ini, PD KMHDI Sumatera Selatan tidak ingin ketinggalan mengambil bagian. PD KMHDI Sumatera Selatan mengadakan silahturahmi yang melibatkan OKP-OKP yang ada di kota Palembanglain seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Keluarga Mahasiswa Budhis Palembang (KMBP), dan Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).
Silaturahmi dimulai dengan kunjungan pertama menuju kediaman bapak I Gede Armana, beliau adalah Ketua PHDI Provinsi Sumatera Selatan, di Perumahan Raflesia, Kenten Palembang. Berikutnya dilakukan kunjungan yang hampir merata kesetiap rumah sesepuh, alumni, kediaman teman sebaya, rumah bapak Nyoman Ngurah Widana (Ketua PHDI kota Palembang), Ketua Banjar (ISDUH) kota Palembang, Bapak Pemangku Adat, serta bapak  Ketut Musnadi (Sekretaris PDHI Provinsi Sumatera Selatan). Didalam prosesnya, kunjungan ini sangat sederhana dan tidak jauh berbeda dengan kunjungan pada umumnya, dimana didalamnya berisi obrolan dan makan bersama. Kami juga membahas perkembangan KMHDI Sumatera Selatan sejak kebangkitannya dari ke vakumannya beberapa tahun silam. Seperti yang dikatakan oleh bapak Nyoman Ngurah Widana selaku Ketua PHDI Kota Palembang disela perbincangan kami ”teruslah berkembang tanpa henti, teruslah berproses dan mengabdi di KMHDI karena kesempatan hanya datang sekali, di organisasi ini kita dapat memulai suatu kesuksesan yang akan kita raih disuatu saat nanti”.
Simakrame ini berlangsung selama 3 hari, terhitung dimulai sejak tanggal 13-15 Maret 2013. Walaupun secara kegiatan ini terbilang sederhana dan umum dilakukan, namun jika kegiatan ini dilaksanakan secara konsisten, bukan tidak mungkin kedepannya dicapai hasil besar yang tidak umum. Bagaimana tidak, silaturahmi yang dijalin secara persisten dan berkelanjutan akan merekatkan komunikasi serta hubungan yang awalnya renggang, yang awalnya berada saling berjauhan. Sebagai kaum minoritas, tercapainya hubungan yang kondusif satu sama lain, akan membuat umat Hindu semakin dekat, walaupun tidak mengubah secara kuantitas, tapi yakinlah bahwa kualitas yang terbentuk akan berubah dengan seiringan usaha untuk pengeratan dalam pembelajaran. Dengan bersama, semua gagasan dan pola pikir yang bertujuan untuk memajukan umat akan mudah untuk diimplementasikan.

Data Penulis
Nama : Kadek Norma Yunita
Tempat/Tgl Lahir : Tugu Mulyo, 22 Juli 1993
Jenis Kelamin : Perempuan
Utusan : PD KMHDI Sumatera Selatan
No. Anggota : 201120205
Alamat Sekretariat: Pura Agung Sriwijaya, Jln. Seduduk Putih No. 19 Kenten Palembang
Perguruan Tinggi : Universitas Sriwijaya
Alamat Perguruan Tinggi : Jln. Palembang-Prabumulih KM. 32 Indralaya
Fakultas/Jurusan : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan/Ekonomi
Nomor Induk Mahasiswa : 06121403029
Handphone: +628 21 830 21654
e-mail : normayunitakadek@yahoo.co.id
 

Share:

administrator