SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Surakarta, Kmhdi.org – Masa Penerimaan Anggota Baru ( MPAB ) kali pertama digelar di surakarta menyusul Pembentukan Bakal Pimpinan Cabang (BPC) KMHDI Surakarta. Kegiatan ini merupakan buah pikir dari program “KMHDI Goes to Surakarta” yang dilaksanakan 16 Oktober di Pura Bhuana Agung Saraswati UNS. 

MPAB I dilaksanakan pada tanggal 3-4 Desember 2022 bertempat di Pura Indraprasta, Sondakan, Kecamatan Laweyan, Surakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PHDI Surakarta, Ida Bagus Nyoman Suarnawa serta Ketua WHDI Surakarta yang saat itu diwakili oleh Sekretaris WHDI Surakarta, Wayan Mudana. Selain itu, hadir pula Presidium I Sekretaris Jenderal KMHDI, I Wayan Darmawan, serta beberapa perwakilan dari PP KMHDI, PC KMHDI Yogyakarta, serta BPC KMHDI Klaten.

Koordinator Tim Khusus Pembentukan BPC KMHDI Surakarta, Gde Bayu Pangestu AW dalam laporannya menyebutkan bahwa MPAB I di Surakarta diikuti oleh 15 orang pendaftar. Antusiasme mahasiswa di Surakarta yang cukup tinggi membuat persiapan kegiatan ini memakan waktu yang cukup singkat.

Selain itu pihak WHDI dan PHDI surakarta, Wayan Mudana dan Ida Bagus Nyoman Suarnawa berharap dengan dibentuknya BPC KMHDI Surakarta, mahasiswa Hindu di setiap pelosok Kota Surakarta dapat kembali bersatu dan saling bersinergi untuk mengabdi bagi masyarakat Hindu maupun umat beragama lainnya.

“Surakarta itu istimewa. Mimpi dan perjuangan kami sejak awal tahun 2022 untuk mengibarkan bendera KMHDI di Kota Surakarta akhirnya terwujud. Surakarta telah menjadi titik balik dari pelebaran sayap KMHDI di tanah Jawa” ungkap Darmawan dalam sambutannya, sekaligus membuka acara MPAB I dan Pembentukan BPC KMHDI Surakarta secara resmi.

Rangkaian Pelaksanaan MPAB 

Pada hari pertama, semua peserta menerima materi sesuai dengan Buku Pedoman Pelaksanaan MPAB, seperti Sejarah KMHDI, Purwaka AD/ART (Ideologi), Struktur dan Hubungan Kelembagaan Organisasi, Atribut KMHDI, serta Untuk Apa Saya dan Anda ada di KMHDI. Materi-materi tersebut disampaikan oleh perwakilan dari PP KMHDI, PC KMHDI Yogyakarta, dan BPC KMHDI Klaten.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan pelantikan anggota baru KMHDI. Terdapat 12 peserta MPAB yang kemudian dilantik menjadi anggota BPC KMHDI Surakarta, yang kemudian ditetapkan dalam Surat Keputusan PP KMHDI No. 100/SK/KMHDI/XII/2022. Pelantikan dilaksanakan pada pukul 19.32 WIB yang disaksikan oleh perwakilan PP KMHDI serta PC KMHDI Yogyakarta.

Prosesi pelantikan berlangsung khidmat dengan diiringi alunan Hymne KMHDI. SK Pengesahan Anggota Baru dibacakan langsung oleh Presidium I Sekretaris Jenderal KMHDI, I Wayan Darmawan. Keduabelas peserta melakukan pembacaan Asta Prasetya Brahmacarya serta penciuman bendera sebagai bagian dari prosesi tersebut. 

Penyematan jas KMHDI dilakukan secara simbolis kepada dua perwakilan peserta. Dengan dilantiknya generasi pertama dari BPC KMHDI Surakarta, KMHDI kembali berhasil memperluas jaringannya di wilayah Jawa Tengah.

Share:

administrator