SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Jakarta, kmhdi.org – Erupsi Gunung Semeru yang terjadi di kabupaten Lumajang, Jawa Timur (4/12) menyebabkan kerugian material yang tak sedikit. Kondisi ini mengundang keprihatinan seluruh anak bangsa, termasuk Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) dan juga Forum Alumni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (FA KMHDI)

Sebagai bentuk kepedulian, KMHDI Bersama FA KMHDI melakukan pengumpulan donasi dan penyaluran bantuan melalui kegiatan KMHDI Peduli. Ratusan Paket sembako dan kebutuhan pokok lainnya disalurkan kepada para korban bencana di kabupaten lumajang, Jawa timur pada tanggal 8-9 Desember 2021.

Menurut Ketua Presidium PP KMHDI I Putu Yoga Saputra, penyaluran bantuan ini merupakan bentuk konsistensi KMHDI dalam mengimplementasikan Nilai-nilai Purwaka KMHDI dalam menjalankan dharma agama dan dharma negara sekaligus menunjukkan jati diri humanis dari KMHDI.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesusahan dalam musibah yang tidak diinginkan, tentunya semoga bantuan yang kami salurkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak akibat erupsi gunung semeru” tutur Yoga Saputra, dalam keterangan resmi PP KMHDI, di Jakarta, Selasa 9 Desember 2021.

Di tempat yang berbeda Sekjend FA KMHDI Nyoman Brahmandita menyampaikan bencana alam yg terjadi akhir-akhir ini, khususnya di Indonesia, semakin menguji rasa kesetiakawanan kita sebagai sesama mahluk Tuhan. Bencana alam tersebut tidak perlu diratapi berkepanjangan. Yang penting adalah bagaimana kita menangani para korban bencana tersebut.

“Bantuan yang disalurkan KMHDI bersama FA-KMHDI hanya sebagian kecil dari upaya kita menyikapi bencana tersebut tanpa harus meratapinya” tegas Nyoman Brahmandita.

Bantuan tersebut, kendati nilai dan jumlahnya tidaklah besar, paling tidak telah menunjukkan bahwa rasa kemanusiaan dan kesetiakawanan di antara sesama mahluk Tuhan tetap terjaga.

“Hal itu sejalan dengan ajaran luhur Hindu Dharma yaitu Tat Twam Asi (kamu adalah aku, aku adalah kamu) yang dimaknai dengan apa yang menjadi duka masyarakat terdampak erupsi semeru juga duka yang kita rasakan bersama juga” Tutur Nyoman Brahmandita Sekjend FA KMHDI

Penyaluran bantuan ke Lumajang, dipimpin langsung oleh Ketua Departeman Sosial Kemasyarakatan PP KMHDI Deni Krisnandi dan Ketua Departeman Data dan Informasi Made Astrama. Didampingi pegurus Pimpinan Daerah dan Pimpinan Cabang dan kader KMHDI se Jawa Timur, KMHDI bersinergi bersama lembaga setempat menyalurkan bantuan di kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Penyaluran bantuan dilakukan selama 2 hari dari tanggal 8 hingga 9 desember. Penyaluran hari pertama (8/12) ada 3 titik posko yaitu di Kecamatan Sumbersari dan Candipuro, kab. Lumajang, dan pada hari ke dua (9/12) ada 2 titik penyaluran yaitu di desa Condro dan kedung pakis pasirian kabupaten Lumajang” jelasnya.

Pria asal Kalimantan tersebut juga menjelaskan dalam pendistribusian bantuan ke lokasi posko pengungsian, KMHDI bekerjasama dengan lembaga-lembaga hindu yang ada di Lumajang, Jawa Timur.

“Tidak lupa juga kita sangat berterimakasih kepada para donatur, FA KMHDI, Yayasan Tangsel Peduli Kasih dan seluruh masyarakat indonesia yang sudah ikut berdonasi” jelas Deni Krisnandi.

Di lokasi, KMHDI menyerahkan bantuan berupa ratusan paket sembako, peralatan mandi, air mineral, dan dan kebutuhan pokok lainnya. Selanjutnya, KMHDI juga terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu membahu meringankan beban para korban bencana alam yang sekarang ini terjadi di beberapa daerah seperti banjir di lombok NTB, banjir dan longsor di Sulawesi Utara menyalurkan

“semoga KMHDI bisa selalu bersinergi bersama semua elemen masyarakat untuk saling peduli sesama. Melalui progran KMHDI Peduli, kita masih melakukan open donasi untuk di salurkan ke daerah lain yang sedang dalam musibah bencana alam” tutup deni.

Share:

administrator