SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Denpasar, kmhdi.org – Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) se-Bali, Forum Alumni (FA) KMHDI Bali, bersama Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate melakukan pembuatan Eco Enzyme tepat di Hari Kemerdekaan ke-76 tahun Republik Indonesia, Selasa (17/8).

Ketua Umum Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate, Udi Prayudi mengatakan bahwa pembuatan Eco Enzyme bersejarah ini dimulai pada pukul 17:08:45 WITA dengan melibatkan 17 Organisasi Pemuda dan Mahasiswa, untuk membuat 8 gentong Eco Enzyme, dan menggunakan 45 jenis Bahan Organik (BO).

“Di Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan ini memang selalu kita narasikan 17/8/45 itu untuk mengingatkan bahwa kita semua merdeka serta harus merawat dan mengisi kemerdekaan itu, maka dari itu kita aktualisasikan dalam 17 organisasi untuk terlibat, 8 gentong Eco Enzyme melambangkan bulan Agustus, dan 45 jenis bahan organik untuk melambangkan 1945,” ungkapnya ketika pemaparan proses pembuatan Eco Enzyme.

Ketua Panitia Pelaksana, I Komang Adi Sudarta mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai wujud aktualisasi dari 4 Jati Diri KMHDI yaitu Religius, Nasionalis, Humanis, dan Progresif.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini bertajuk Festival Rumah Kakek (Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan) dengan beberapa rangkaian kegiatan, salah satu kegiatan utama ialah pembuatan eco enzyme ini. Semua rangkaian kegiatan yang kami canangkan tercermin dari nilai-nilai Jati Diri KMHDI”, ungkap pemuda yang juga menjabat sebagai Ketua Biro Organisasi PD KMHDI Bali ini.

Koordinator Relawan Eco Enzyme Nusantara Bali sangat mengapresiasi moment pembuatan Eco Enzyme yang sangat bersejarah ini dan berharap dapat menjadi contoh bagi Nusantara. Ia juga berharap semoga nanti lebih banyak orang ikut tergerak dalam menjaga lingkungan.

“Menurut saya ini moment pertama yang pernah saya temu dan hadiri. Ini moment yang sangat bersejarah, harapan kami semoga nanti lebih banyak orang ikut tergerak dalam menjaga lingkungan agar dapat kita wariskan bumi ini ke anak cucu kita,” ungkap Joko Ryanto, Koordinator Relawan Eco Enzyme Nusantara Bali.

Eco Enzyme merupakan cairan organik yang memiliki beragam manfaat. Eco Enzyme yang dibuat pada hari bersejarah ini kemudian akan dipanen kembali pada 17 Agustus 2022 mendatang oleh KMHDI, FA KMHDI, GMKI, GMNI, PMKRI, HMI, PERADAH, APHB Bali, Aliansi BEM se-Bali Dewata Dwipa, Aliansi Lembaga Legislatif Mahasiswa se-Bali, Pasikian Yowana Bali, Duta Hijau Bali, GADA Bali, Narmada Bali, Forum Anak Daerah Bali, Persadha Nusantara Bali, dan Komunitas Eco Enzyme Nusantara Bali.

Share:

administrator