SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Kolaka, kmhdi.org – Dalam rangka memperingati Bulan  Pendidikan Nasional, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Kolaka Laksanakan Kegiatan KMHDI mengajar yang ke-2 yang berlokasi di Sekretariat Bersama PHDI Kab. Kolaka. Mengangkat tema “Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab dan Cinta Terhadap Budaya dan Agama”, kegiatan dilaksanakan pada, Minggu (22/05).

KMHDI Mengajar merupakan salah satu kegiatan Pengabdian masyarakat yang menjadi program unggulan KMHDI yang bertujuan untuk melakukan pengajaran kepada anak-anak atau pelajar dan/atau masyarakat umum perihal materi umum atau agama sesuai dengan kebutuhan setempat.

Ketua PC KMHDI Kolaka, I Putu Sudiane dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan KMHDI mengajar yang dilaksanakan PC KMHDI Kolaka bukan hanya sekedar merealisasikan Program Kerja. Menurutnya, Kegiatan KMHDI Mengajar yang dilaksanakan memiliki alasan dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“pertama kegiatan KMHDI Mengajar di Desa peoho dilaksanakan disana dengan alasan karena pasraman disana tidak aktif selama beberapa tahun dengan maksud agar pasraman di desa peoho dapat dibuka kembali dan astungkare 3 minggu setelah dilaksanakannya KMHDI Mengajar Pasraman girindra yoga Desa Peoho kembali dibuka dan masih aktif sampai saat ini,” jelas Sudiane.

“kemudian diadakannya KMHDI Mengajar di Kolaka karena dari beberapa informasi yang kita dapat dari ketua pasraman bahwa masih banyak generasi muda Hindu yang belum bisa membuat canang atau bahkan tidak hapal mantram sembahyang serta rendahnya partisipasi generasi muda hindu khususnya untuk mengikuti kegiatan pasraman itulah alasan KMHDI Melaksanakan KMHDI mengajar Di kolaka” tambahnya.

Dibuka secara resmi oleh I Nyoman Warta , ST.,M.T. Selaku ketua BLK Kolaka, dalam sambutanya ia mengatakan sangat mengapresiasi kegitan ini dan berharap kegiatan yang dilaksanakan ini dapat berkelanjutan untuk dilaksanakan kembali.

“kegiatan ini sangat positif untuk kehidupan sehari-hari, mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlangsung secara berkesinambungan, dengan adanya kegiatan ini saya harapkan adik-adik dapat lebih mengenal budaya, dan saya harapkan adik-adik KMHDI dapat mengikuti perkembangan industry,” ujar Nyoman Warta.

Sebagai ketua Pasraman Kabupaten Kolaka, Made Lima Asatawa mengatakan bahwa KMHDI Mengajar merupakan kegiatan yang positif dan menjawab pertanyaan tentang  bagaimana kita melaksanakan kegiatan yang bermanfaat di lingkungan kita sendiri.

“harapannya kegiatan seperti ini tidak berakhir sampai disini dan saya harapkan akan ada KMHDI mengajar walaupun tidak se-resmi ini terutama untuk generasi muda yang ada dikota yang jarang mengetahui tentang budaya,” tutup Made Lima Asatawa.

Kegiatan KMHDI Mengajar berlangsung selama satu hari dimana ada tiga materi yang disampaikan yaitu Sarana Upacara Keagamaan, Aturan dan Makna busana Adat Bali, serta Persembahyangan dan Kidung. Bukan hanya sekedar penyampaian materi melainkan kegiatan juga disertai dengan praktek. Sebagai penutup, kegiatan KMHDI Mengajar PC KMHDI Kolaka di rangkaikan dengan pengumuman Peserta terbaik dan foto bersama seluruh peserta, panitia dan Kader PC KMHDI Kolaka.

Share:

administrator