SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Bangli, kmhdi.org – Upaya ciptakan kader konstruktif, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Bangli gelar Diklat Manajemen Organisasi (DMO) ke-X dalam model Cooperative Learning pada sabtu – minggu (22-23/1).

Mengusung tema “Srawana Raksana”, kegiatan ini diharapkan kepada seluruh anggota DMO X dapat berfikir dan bertindak langsung supaya materi yang didapatkan dapat diimplementasikan di kehidupan nyata sesuai dengan makna yang tersirat pada tema tersebut.

Keikutsertaan peserta DMO sangatlah tinggi, dibuktikan dengan 26 anggota DMO yang berasal dari PC KMHDI Bangli dan PC KMHDI Karangasem. Tidak hanya itu, ketujuh pemateri pun sangat antusias mendampingi setiap kelompok dalam diskusi yang semakin panas.

Ni Luh Noviani selaku Ketua PC KMHDI Bangli menyampaikan bahwa DMO Kali ini merupakan DMO kali kedua bersinergi dengan PC KMHDI Karangasem.

“Ini merupakan DMO kali kedua kami (PC KMHDI Bangli) yang bersinergi dengan PC KMHDI Karangasem. Terdapat 3 anggota PC KMHDI Karangasem yang bergabung pada DMO yang ke X ini. Saya harap melalui kegiatan sinergi ini, kita dapat mengeratkan sinergitas antar kader lintas PC serta tetap menjaga kekompakan dalam keadaan apapun” sampai Novi panggilan akrabnya.

Nampak berbada dengan DMO pada umumnya, PC KMHDI Bangli mendesain DMO kali ini dengan penuh kreatif dan inovatif. Ni Komang Febiandani selaku Ketua Bidang Kaderisasi menyampaikan bahwa model pembelajaran yang digunakan pada DMO X ini adalah model pembelajaran berbasis kooperatif.

“Model pembelajaran kooperatif dalam DMO di PC KMHDI Bangli sudah dua kali digunakan yaitu pada DMO ke sembilan dan DMO ke sepuluh. Karena kegiatannya bertajuk Pendidikan dan pelatihan maka model cooperative learning sangat cocok diterapkan untuk dapat mengasah pengetahuan peserta sesuai dengan potensi diri mereka dan membentuk Kerjasama tim yang solid apalagi pada DMO X ini terdapat kawan-kawan dari PC KMHDI Karangasem” Ujar Kabid Kaderisasi itu.

Beliau juga mengungkapkan bahwa guna memastikan peserta memahami materi-materi yang disampaikan, setiap materi pun diakhiri dengan post test sebelum memasuki materi selanjutnya.

“Untuk memastikan peserta memahami materi yang disampaikan oleh pemateri dan kelompok penyaji, terdapat post test untuk mengukur tingkat pemahaman mereka. Namun, kali ini dilakukan dalam bentuk e-post test yakni menggunakan Aplikasi Kahoot agar post test lebih menarik dan peserta semakin antusias menjawab setiap pertanyaan” Jelas Febi panggilan akrabnya.

Share:

administrator