SEKRETARIAT PIMPINAN PUSAT KMHDI

Sekretariat Operasional (Surat Menyurat):
Jalan Kakatua Blok AA No. 14 Perumahan Cipinang Indah II, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 13430
* Fax. : 021 – 86600779
Sekretariat Domisili :
Jalan Anggrek Nelly Murni Blok A No. 03, RT/RW 02/03 ,
Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah – Jakarta Barat 11480

Badung, kmhdi.org – PC KMHDI Badung telah melaksanakan program Topik Asik (Toksik) Pra-Nikah, dengan tema “Abu-abu Tantangan Pemuda Hindu dalam Mempersiapkan Pernikahan”. Toksik dihadiri kader KMHDI di berbagai daerah dan 2 pemantik seorang Ketua Komisariat KMHDI di Palangkaraya dan seorang ketua FA KMHDI NTB Melalui Google Meet (30/8).

Aryananda, Kabid Litbang PC KMHDI Badung mengatakan diskusi ini perlu dilaksanakan karena kurangnya edukasi yang harus diberikan pada pemuda dalam mempersiapkan pernikahan.

“Di agama sebelah, ada edukasi wajib yang diterima di KUA seminggu sebelum Ijab Qabul, dan di sebelah lagi ada kelas pra-nikah yang wajib diterima di gereja. Sedangkan di Hindu, edukasi pra-nikah merupakan peminatan, bukan kewajiban”. Keluhnya pada forum diskusi.

Pemantik 2 diskusi I Made Sri Wirdiata, S.T., S.Sos.H., M.I.Kom, atau kerap disapa bli Wir menyampaikan sudah adanya program kerjasama dari kementerian kesehatan untuk melakukan edukasi pra-nikah di semua agama, namun di agama Hindu kurang berjalan dengan maksimal.

“Sudah ada MOU antara dirjen di Kemenkes dengan Bimas Hindu untuk melaksanakan wajib edukasi pra-nikah, namun pelaksanaannya kurang maksimal. Di NTB bahkan hanya tersedia kuota kelas untuk 40 orang per tahun yang sangat jauh dari kebutuhan” terangnya.

Share:

administrator