Denpasar, kmhdi.org – Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, PC KMHDI Denpasar terpilih menjadi Koordinator Kegiatan Donor Darah Pancasila yang akan dilaksanakan oleh Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate (Rumah KaKek) bertajuk “Setetes Darah, Sejuta Kehidupan” pada Selasa (1/6) mendatang

Ketua Panitia Kegiatan Donor Darah Pancasila, Ni Made Dwix Rahayu Setya Dewi menyatakan bahwa dirinya merasa bangga dapat mewakili PC KMHDI Denpasar dalam menjadi koordinator kegiatan Donor Darah memperingati Hari Lahir Pancasila.

“Tentunya saya merasa bangga dapat dipercaya menjadi ketua panitia dalam kegiatan Donor Darah Pancasila ini, yang juga melibatkan banyak organisasi internal dan eksternal lainnya”, ungkap mahasiswa UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpsar yang kerap disapa Wik.

Kegiatan ini menggandeng berbagai organisasi, seperti KPU Provinsi Bali, PHDI Bali, FA KMHDI, KMHDI, Narmada Bali, GADA Bali, Duta Hijau Bali, dan organisasi kemahasiswaan lainnya. Selain itu, kegiatan ini juga di support oleh beberapa instansi yang turut berpartisipasi. Dengan sasaran kegiatan mencakup seluruh masyarakat di Provinsi Bali dengan target mendapatkan 100 kantong darah.

“Kami mengusahakan agar dapat mencapai target 100 kantong, walaupun terdapat beberapa kendala seperti banyaknya masyarakat yang sedang dalam masa vaksinasi Covid-19 sehingga belum bisa berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya”, ungkap Wik yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi PC KMHDI Denpasar periode 2021—2023 ini.

Ia juga menambahkan bahwa persiapan kegiatan donor darah ini dimulai dari dua minggu sebelum pelaksanaan kegiatan, mulai dari pembentukkan panitia, pembagian tugas kepada panitia, hingga menggandeng berbagai organisasi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Donor Darah ini. Selain itu, terdapat juga hadiah doorprize dan berbagai hiburan menarik seperti joget, akustik, stand up comedy, nonton bareng, dan lainnya.

Poster Kegiatan Donor Darah Pancasila “Setetes Darah, Sejuta Kehidupan”

Seperti yang diketahui, Hari Lahir Pancasila adalah momentum bersejarah bagi Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara dan falsafah hidup yang harus dipertahankan. Berkaitan dengan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila tersebut.

Ketua Umum Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate, Ketut Udi Prayudi menjelaskan bahwa kegiatan Donor Darah adalah suatu kegiatan kemanusiaan yang sangat mulia dan dapat dilakukan setiap orang untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Setetes darah kita sangat membantu menyelamatkan nyawa saudara kita, dengan melepaskan sekat-sekat perbedaan. Menolong sesama tidaklah mengenal apa agamanya, sukunya, maupun warna kulitnya. Darah ini kita persembahkan untuk kemanusiaan dan persaudaraan antarumat manusia. Untuk itulah mengapa kita melaksanakan donor darah tepat di Hari Lahir Pancasila”, ungkap Udi Prayudi.