Jakarta, kmhdi.org – Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) melakukan audiensi dengan menteri PPPA RI Bintang Puspayoga di kantor kementerian PPPA Jakarta Pusat, Rabu (19/5).

Ketua presidium I Putu Yoga Saputra mengatakan, tujuan KMHDI bertemu meneteri PPPA adalah untuk memperkenalan pengurus terpilih KMHDI priode 2021-2023. Selain itu juga untuk menyampaikan permasalahan perempuan dan anak di Indonesia.

“Tujuan kami (KMHDI) bertemu dengan ibu Bintang selain memperkenalkan Kepengurusan PP KMHDI yang baru, kami juga membawa beberapa permasalahan perempuan dan anak yang perlu perhatian serius daru kementerian PPPA” jelas Yoga Saputra.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan bahwa KMHDI telah berhasil mewujudkan partisipasi perempuan untuk menjadi seorang pemimpin yang dibuktikan dengan beberapa cabang KMHDI di daerah dipimpin oleh seorang perempuan.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si menyampaikan apresiasi karena KMHDI sudah mampu menerapkan kesetaraan gender dalam organisasi sehingga perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan memimpin. Beliau juga berpesan agar bisa terus berkolaborasi dengan KMHDI.

“ibu harap KMHDI yang berada di daerah juga bisa ikut berpartisipasi saat saya ada kunjungan ke daerah baik dalam agenda kementerian maupun diluar kementrian. Sehingga Kolaborasi kita bisa terjalin di semua tingkatan” jelas wanita yang akrab disapa Ibu Bintang Puspayoga.

Deputi Bidang Partisipasi masyarakat Prof. dr. Vennetia Ryckerens Danes, M.S., Ph.D juga menambahkan, semua orang harus ikut terlibat dalam pemenuhan hak anak yang kini marak terjadi kasus eksploitasi oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

“Pemenuhan hak anak tidak di batasi dan semua harus berpartisifasi tidak hanya semata orang tua anak saja. Terkait pendidikan pada, saya mendukung penuh gerakan perpustakaan jalanan dan saya harap KMHDI bisa mendata anak yang tidak berpendidikan dan mengirim list buku-buku yang di butuhkan KMHDI untuk di salurkan ke daerah-daerah” jelasnya.

Di akhir pembicaraan, Yoga Saputra juga menyampaikan persiapan agenda KMHDI terdekat yaitu Rakernas yang akan dilaksanakan di Bogor dalam waktu dekat. Ia juga menyampaikan permintaan kesediaan Ibu Bintang Puspayoga untuk berhadir dalam kegiatan tersebut.