Mahasabha XII KMHDI, PHDI Badung Harapkan Mahasiswa Hindu Menjadi Pelopor

Badung (11/1), Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Badung diterima oleh  Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Badung dalam rangka penyampain kegiatan Mahasabha (Kongres Nasional) XII KMHDI yang akan dilaksanakan  di Cisarua, Bogor.

Pada kesempatan itu PC KMHDI Badung  yang diwakili oleh Ketua, I Kadek Suwawa Kiki Kesuma Dewa,  Sekretaris, Luh Putu Nilawati, dan Wakil Sekretaris, Ni Komang Ita Monika  diterima langsung oleh Ketua PHDI Badung Bapak I Gede Rudia Adiputra.

Dalam kesempatan tersebut Suki, sapaan akrab Ketua PC KMHDI Badung  menyampaikan bahwa Mahasabha XII KMHDI yang pada awalnya  akan dilaksanakan di Palu pada bulan September 2020, namun karena Pandemi Covid-19 akhirnya Pimpinan Pusat (PP) KMHDI mengambil alih pelaksanaannya dan dipindahkan ke Kabupaten Bogor, tepatnya di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pancasila dan Konstitusi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia pada 27 Januari hingga 1 Februari 2021 mendatang.

Ia juga menambahkan bahwa “Kegiatan akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat termasuk dengan pembatasan peserta yang hanya 4 orang dari masing-masing PD dan PC, namun karena ada PD dan PC yang sudah mengkonfirmasi bahwa hanya mengirimkan 1-2 orang saja sehingga kuota peserta yang kosong tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh PC KMHDI Badung untuk mengirim lebih banyak kader agar memiliki pengalaman mengikuti kegiatan nasional” ungkap mahasiswa Magister Ilmu Hukum Universitas Udayana tersebut.

“Mahasabha adalah kegiatan yang paling ditunggu oleh kader KMHDI se-Indonesia karena disanalah AD/ART, GBHO, GBPK, Rekomendasi, Renstra, dan Pemilihan Ketua KMHDI yang baru akan dilaksanakan,”tutupnya.

Ketua PHDI Badung, Bapak I Gede Rudia Adiputra menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang baik dan beliau menyambut kehadiran anak-anak KMHDI Badung dengan senang hati. Diharapkan bahwa banyak mahasiswa Hindu Badung yang bisa ikut berangkat dalam mengikuti kegiatan tersebut dengan harapan KMHDI Badung bisa menjadi pelopor mahasiswa Hindu yang open minded.

“Keragaman Hindu nusantara memang sangat kaya, tergantung dengan adat dan istiadatnya tersendiri,” ungkap Mantan Rektor IHDN Denpasar yang pertama ini.

Bapak I Gede Rudia Adi Putra juga memberikan Buku yang  berjudul Dharma Tula (Tanya Jawab Praktis Agama Hindu) yang ditulis oleh beliau sendiri. Diharapkan kader-kader PC KMHDI Badung bisa membaca dan menyerapi isi buku tersebut. Selain itu PHDI Badung juga memberikan Surat Rekomendasi yang ditujukan kepada Bupati Badung agar bisa membantu pendanaan keberangkatan kader-kader PC KMHDI Badung untuk mengikuti Mahasabha XII di Kabupaten Bogor karena akan sangat berpengaruh terhadap pengembangan sumber daya manusia terutama peningkatan kualitas mahasiswa Hindu Badung.

Audiensi yang dilaksanakan di Kantor PHDI Kabupaten Badung, Jl. Ahmad Yani Lumintang Denpasar No.102. tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama.
 

Komentar Anda