Untuk “IBU”, PC KMHDI Karangasem Ikut Usaha Pelestarian

Karangasem – Hari Ibu tidak hanya dijadikan ajang untuk hari kasih sayang kepada para Ibu dirumah, tetapi juga tentang usaha melestarikan alam yang merupakan “Ibu” dari semua makhluk. Dalam usaha melestarikan lingkungan dan bumi ini, PC KMHDI Karangasem ikuti seminar dengan tema Gerakan Sejuta Krama Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali Untuk Bali Era Baru yang difokuskan untuk melakukan pengelolaan sampah organik dan non organik bertempat di Yoga Center, Desa Adat Kerta Sari, Padangkerta, Karangasem, Selasa (22/12).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh penyiar Bali TV ini, dinarasumberi oleh Bendesa Adat Desa Adat Kerta Sari, I Dewa Gede Ardika dan pemilik Yoga Center Dr. I Ketut Budiarta mendapat apresiasi positif dari masyarakat, karena terbukti dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat, yaitu Krama Desa Adat Kerta Sari, para pemuda-pemudi (Yowana), dan Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Karangasem.

Ardika selaku narasumber mengatakan bahwa pengelolaan sampah memang sangat diperlukan sehingga dapat digunakan kembali dan mengurangi emisi serta polusi.

“Kegiatan pengolahan sampah, baik sampah organik maupun non organik memang harus selalu digalakkan, karena selain untuk mengurangi polusi juga bisa bermanfaat dan digunakan kembali.” ucapnya.

Budiarta selaku narasumber juga menambahkan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengolah sampah organik maupun non organik yang ada di lingkungan, diantaranya dengan mengolah atau mendaur ulang sampah plastik yang merupakan sampah non organik sehingga dapat menjadi barang yang bisa digunakan kembali. Selain itu, sampah organik bisa diolah menjadi Eco Enzyme.

“Mengolah sampah non organik bisa kita lakukan dengan daur ulang menjadi barang yang lebih berguna, sementara utuk sampah organik bisa kita olah menjadi Eco Enzyme.” ucapnya.

Budiarta juga mengatakan memang banyak yang belum tahu mengenai Eco Enzym. “Eco Enzyme merupakan olahan dari sampah asyur dan buah yang sudah tidak terpakai menjadi cairan dengan berbagai manfaat” ucapnya menambahkan.

Kegiatan telah berjalan dengan baik dan turut hadir dari PC KMHDI Karangasem I Kadek Pasek, I Nyoman Apriadi, I Komang Wiratama, I Ketut Suardana, I Kadek Eka Ariani, dan Ni Wayan Sylviana Devi untuk menambah ilmu dan agar bisa diimplementasikan serta disebarluaskan di masyarakat sebagai pemuda penggerak perubahan.

Komentar Anda