New Normal Education Tantangan Dunia Pendidikan Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Bangli, Rabu (01/07) Menanggapi tantangan dunia pendidikan hadapi era new normal, PC KMHDI Bangli bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Suar Bangli mengadakan kegiatan seminar online yang dikemas dengan Webinar Pendidikan. Kegiatan ini menggunakan media aplikasi zoom yang diikuti oleh 111 peserta dari kalangan Dosen, Guru, Mahasiswa dan Umum. Kegiatan berlangsung pada tanggal 1 Juli 2020 pukul 14.00 Wita hingga selesai dengan menghadirkan narasumber Bapak I Wayan Numertayasa, S.Pd.,M.Pd. yang sekaligus Ketua Kampus STKIP Suar Bangli.

WEBINAR kali ini mengambil tema ‘New Normal Education, Tantangan Dunia Pendidikan Hadapi Era Revolusi Industri 4.0’. Wabah Covid-19 telah merubah struktur dunia pendidikan dengan cepat yang membuat para pelajar dan tenaga pendidik untuk membiasakan diri pada sistem pembelajaran tidak bertatap muka langsung atau pembelajaran jarak jauh dengan kehidupan yang penuh teknologi. Secara tidak langsung membawa dunia pendidikan terhadap tantangan era revolusi 4.0 sebagai sebuah respon kreatif dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran secara e-learning yang merupakan sebuah kondisi yang semua orang terpaksa melakukannya. Saat ini pelajar menerapkan sistem pembelajaran online (daring) hal ini memaksa para pelajar untuk mengenal dan memanfaatkan teknologi yang menitik beratkan pada kreativitas dan perubahan pola pikir.

Terdapat empat pembahasan yang disampaikan oleh narasumber selama Webinar berlangsung meliputi New Normal pendidikan, merdeka belajar, revolusi industri 4.0 dan belajar dirumah. I Wayan Numertayasa selaku narasumber menyampaikan pendidikan di era New Normal saat ini secara tidak langsung memiliki keterkaitkan dengan konsep merdeka belajar yang dikemukankan oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim “Pendidikan di era New Normal saat ini jika dikaitkan dengan konsep merdeka belajar bahwasannya merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir, kemerdekaan berpikir ini harus dimulai dari guru, Guru adalah Instrumen utama dari pembelajaran, instrumen penerjemah kurikulum dan guru harus berpikir secara mandiri”. Lebih lanjut disampaikan dalam konsep merdeka dihubungkan dengan kesiapan dunia pendidikan di era revolusi 4.0 hanya dapat diimplementasikan dengan merujuk pada paradigma baru pendidikan yang bercirikan peserta didik sebagai konektor, creator, dan konstruktivitas, dalam rangka produksi dan aplikasi pengetahuan serta inovasi.dalam mencetak SDM yang unggul dan siap bersaing di dunia global.

Permasalahan pembelajaran dari rumah dapat digolongkan menjadi 3 yaitu masalah yang dialami oleh guru, orang tua dan siswa. Pasalnya tidak semua guru mahir menggunakan teknologi, kurangnya fasilitas pendukung dan budaya belajar jarak jauh masih kurang sehingga penguasaan strategi pembelajaran masih kurang. Kemampuan orang tua dalam membimbing dan mengawasi anak di rumah masih terbatas waktu, fasilitas dan biaya pembelajaran anak yang mengharuskan memiliki kuota intenet, dengan demikian siswa akan mengalami keterbatasan fasilitas, siswa merasa jenuh karena suasana belajar tidak seperti disekolah. Terkait keterbatasan waktu, orang tua harus membiasakan kebiasaan baru dalam lingkungan keluarga dengan tetap memperhatikan pendidikan anak. Terkait dengan kemampuan mendidik anak yang dapat dilakukan adalah dengan menggelorakan “Pendidikan Keluarga” . Implementasi pendidikan keluarga perlu diperluas dengan mengembangkannya ke dalam pembelajaran dari rumah.

I Komang Nada Kusuma selaku Ketua BEM STKIP Suar Bangli menyampaikan kegiatan Webinar kali ini diakhiri dengan pengundian doorprize buku bacaan kepada peserta webinar yang beruntung dengan harapan dapat meningkatkan semangat literasi.

Ni Komang Nopi Karuniasari selaku Ketua PC KMHDI Bangli menyampaikan sebelum webinar ini dilaksanakan, pihaknya telah mengadakan diskusi dalam jaringan yang dikemas dengan diskusi publik dengan topik dunia pendidikan menjelang era New Normal. Harapan kedepannya kegiatan seperti ini akan selalu diupayakan guna membuka ruang diskusi bagi masyrakat khusunya para pelajar, guru dan siswa dalam membagi informasi dan solusi dalam menjalani dan beradaptasi denga dunia pendidikan di era New Normal.

Komentar Anda
WhatsApp chat