Bangga, karena Mengenalinya #5ArtikelTerbaik

Peserta Ruang Inspirasi: Kita Hindu, Kita Bangga! Nama: Dinda Sancita Asal Sekolah: SMAN 52 Jakarta

Terbiasa mengenyam pendidikan kasih Kristus dalam sekolah Katolik sejak sekolah dasar, membuat saya tidak begitu peduli dan mendalami keyakinan saya sendiri yaitu Hindu. Sejak memasuki SMA, barulah saya sadar akan istimewanya Hindu. Dimulai ketika seorang teman saya yang beropini bahwa “Kok kayaknya asik banget sih jadi Hindu? Agama lo logic banget soalnya.” Dan mulai saat itu juga, saya gemar mencari tahu tentang keyakinan saya yang luar biasa ini.  Dari situ, saya mulai menyadari betapa beruntungnya terlahir menjadi Hindu.

Hindu merupakan agama tertua di dunia, menurut sejarah. Hindu juga sebagai agama terbesar ketiga setelah Kristen dan Islam. Banyak juga yang bilang bahwa Hindu adalah cara hidup, dengan kebebasan yang luar biasa. Hindu percaya bahwa semuanya memiliki Tuhan di dalamnya. Jadi, kami memuja Ibu, Ayah, Guru, Pohon, Sungai, Bumi,  Alam Semesta, dsb. Karena kami percaya Tuhan bersemayam di manapun, dalam wujud apapun. Sama seperti yang tertuang dalam Rg Weda (Buku I, Gita CLXIV, Bait 46) :

( Ekam Sat Vipraaha Bahudhaa Vadanti )
“Hanya ada satu Tuhan tetapi para orang bijaksana  menyebut-Nya dengan banyak nama.”

Hindu itu unik karena bukan saja tentang hubungan antara manusia dan Tuhan yang terus dibahas. Melainkan Hindu mengandung kompilasi banyak tradisi dan filsafat dalam ajarannya. Banyak yang beranggapan bahwa ajaran hindu dapat diterima, karena sangat logis juga realistis.

Salah satu pemikiran utama Hindu adalah “atman,” atau kepercayaan pada jiwa. Filosofi ini menyatakan bahwa makhluk hidup memiliki jiwa, dan mereka semua adalah bagian dari jiwa tertinggi. Tujuannya adalah untuk mencapai “moksha,” atau keselamatan, yang mengakhiri siklus kelahiran kembali untuk menjadi bagian dari jiwa absolut.

Orang Hindu juga percaya pada ajaran Samsara (siklus kehidupan, kematian, dan reinkarnasi) dan Karma (hukum universal sebab dan akibat). Dimana menurut saya, ini sangat adil bagi semua umat yang menjalaninya.


Yang membuat saya lebih bangga terhadap Hindu, terlebih Hindu Bali / Hindu Dharma yang kami anut di Indonesia ini karena memiliki sifat yang lebih universal dan bebas. Karena adanya akulturasi dari kebudayaan-kebudayaan asli Indonesia menjadikan Hindu Dharma ini berbeda dengan Hindu di tempat lainnya. Juga Hindu di Indonesia ini sangat berdampingan dengan seni. Segala kebudayaan yang kental dan punya philosophy tersendiri membuat Hindu terlihat semakin menarik.

Tidak ada habisnya sebenernya yang bisa dibahas, jika ditanya mengapa saya bangga menjadi Hindu. Karena semakin saya mengenalinya, saya makin terbuai dan jatuh cinta sedalam-dalamnya dengan Hindu.

Komentar Anda
WhatsApp chat