Cegah Dampak Covid-19 Terhadap Gizi Anak, PC KMHDI Karangasem Bagikan Susu Formula Anak

Sabtu (02/05), memperingati Hardiknas biasanya PC KMHDI karangasem mengadakan KMHDI Mengajar yang ditujukan kepada anak-anak di pedalaman atau anak-anak yg kurang mampu, tetapi tahun ini adalah tahun yang berbeda dari sebelum-sebelumnya dimana tidak hanya di Indonesia, dunia pun terpapar wabah covid-19, wabah yang makin marak menyebar di penjuru Indonesia tersebut membuat pemerintah harus menerapkan physical distancing, mulai bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Maka dari itu, kegiatan yang dilaksanakan rutin tersebut harus kami tiadakan untuk keamanan dan kesehatan bersama. Tetapi di hardiknas ini PC KMHDI Karangasem ikut dalam gerakan anti stunting KMHDI, gerakan yang dilaksankan slama 2 hari ini menyasar anak-anak dari umur 1 tahun – 5 tahun di 5 Kecamatan, yaitu kecamatan Karangasem, kecamatan Bebandem, kecamatan Selat, kecamatan Abang, dan kecamatan Manggis, di 10 desa dan 1 kelurahan.

Gerakananti stunting ini berupa pembagian susu Vidoran Xmart Soya 1+ dan 3+ yang kami dapat melalui kerja sama PP KMHDI dengan ICHI dan Kompas. Jumlah yang tersebar pada tahap pertama adalah 43 susu, dan untuk tahap kedua akan dibagikan kembali pada hari Minggu, 03 Mei 2020 dengan jumlah 37 susu.

Tujuan dari diadkannya gerakan anti stunting ini adalah membantu keluarga yg tidak mampu dan juga terdampak wabah pandemi covid-19 untuk tetap memenuhi gizi dan stabilitas tumbuh kembang anak-anaknya melalui susu yang kami salurkan untuk mereka.

Ketua PC KMHDI Karangasem, Putri Cahyaningsih menyampaikan tujuan gerakan ini adalah sebagai bentuk peduli organisasi pemuda seperti KMHDI untuk tetap menjaga tumbuh kembang anak-anak.

“Ini adalah bentuk keperdulian kami untuk menjaga tumbuh kembang anak khususnya yang ada di Karangasem, apalagi dalam masa pandemi ini, keluarga yg tidak mampu akan lebih memprioritaskan beras ketimbang susu, bukannya mereka tidak peduli dengan gizi anak-anak mereka, tapi karena keadaan yg tidak memungkinkan mereka membeli keduanya, jadi mreka harus memilih slah satu,”ujarnya.

Selain itu, pendistribusian kali ini dilakukan sesuai dengan protokoler, memakai masker, tetap menjaga jarak antara satu dan lainnya. PC KMHDI Karangasem pun dalam pencarian data menyisir satu per satu keluarga yang memang benar merupakan keluarga kurang mampu dan yg terdampak, agar bantuan susu ini dapat tepat sasaran.

Komentar Anda
WhatsApp chat