Plastik, Serentetan Masalah, Dan Upaya Mengatasinya

Plastik yang dulunya diciptakan untuk mengurangi penggunaan kantong kertas, kini berbalik menjadi boomerang untuk semua makhluk hidup karena penggunaannya yang sudah berlebih dan ketidak-pedulian manusia dalam membuang sampah di tempat yang tepat. Akibatnya sekarang sampah plastik yang sulit terurai menjadi predator bagi ragam biota laut.

Untuk mewujudukan lingkungan yang sehat dan bersih tanpa adanya sampah plastik, 21 Februari yang sejatinya merupakan Hari Peduli Sampah Nasional, diperingati dengan melaksanakan Gerakan KMHDI Bersih secara serentak oleh PD PC KMHDI di 21 provinsi, termasuk PD KMHDI Sulawesi Utara yang ikut berpartisipasi di dalamnya.

Berlokasi di pinggiran pantai Boulevard 2 kecamatan Tuminting, kader-kader PD KMHDI Sulawesi Utara dengan tak kenal lelah mengangkat sampah plastik dan sampah lainnya yang bertebaran di tempat itu. Mereka tidak hanya sendiri, tetapi dibantu juga oleh anak-anak kecil yang merupakan warga setempat. Aksi mereka mendapat perhatian dari masyarakat sekitar.

Sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian dibawa ke tempat yang sudah disediakan untuk membuangnya. Gerakan KMHDI Bersih tidak berhenti disitu saja. Para kader PD KMHDI Sulawesi Utara melanjutkan kegiatan dengan membagikan tumbler dan totebag bagi warga sekitar yang sedang beraktivitas maupun pengguna jalan yang sedang lewat di lokasi tersebut. Pembagian tumbler dan totebag merupakan bentuk edukasi yang mudah kepada masyarakat dalam hal mengurangi penggunaan plastik karena pada dasarnya, edukasi kepada masyarakat adalah tantangan terberat, terbukti dari banyaknya warga yang kurang peka dan hanya menganggap sambil lalu mengenai kampanye sampah plastik.

“Menurut saya cara untuk meningkatkan kepekaan masyarakat adalah dengan terus mengkampanyekan permasalahan sampah plastik, karena pada dasarnya orang yang masa bodoh terhadap sampah plastik yaitu karena mereka belum tau betul maupun belum merasakan bahaya/dampak negatif dari sampah plastik yang kian hari makin mencemari lingkungan sekitar kita.” Tutur I Made Ardana Wedastra, Koordinator Biro Sosial Masyarakat PD KMHDI Sulawesi Utara dalam hal mengatasi masalah masyarakat yang acuh dan tidak peduli.

Selain berkampanye, Kabiro SosMas ini juga menambahkan bahwa pemerintah harus bisa lebih berperan aktif untuk menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat terhadap permasalahan ini.

“Harapan kedepan untuk masyarakat agar bisa lebih sadar terhadap permasalahan sampah plastik, terlebih antusias generasi muda untuk lebih peduli dengan lingkungan sangat dibutuhkan sebagai generasi penerus bangsa ini.” Tutup Ardana.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai

WhatsApp chat