Gerakan Bye2plastik Dan Penanaman Mangrove Oleh KMHDI Lampung

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Lampung, yang di ikuti oleh PC KMHDI Bandar Lampung dan PC KMHDI Metro bersama PD KMHDI Lampung, menyelenggarakan kegiatan tanam Mangrove (bakau) dan bersih–bersih di pesisir Pantai, Desa Sidodadi Pesawaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 21 Februari 2020. KMHDI Lampung menamai kegiatan ini dengan nama “Mari Bersama Tinggalkan Plastik”.

Tanam Mangrove dan bersih-bersih pantai ini baru pertama kali diadakan oleh KMHDI Lampung. kegiatan ini sebagai awal bagi KMHDI Lampung, untuk mengkamapanyekan Bye2plastik alias “Selamat Tinggal Pelastik”, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat dan komunitas lain sadar bahwa tidak hanya membersihkan sampah dan menanam Mangrove saja tetapi ada tindak lanjutnya, sehingga mengetahui hasil dari penanaman Mangrove dan bersih–bersih pantai tersebut.

Dalam pelaksanaanya KMHDI Lampung juga dibantu oleh para pegiat Mangrove dan kepala desa dari Desa Sidodadi Pesawaran tersebut untuk bersama menanam bibit Mangrove dan bersih-bersih sampah di pesisir pantai.

Menjadi inovasi baru kegiatan penanaman Mangrove ini juga diselipkan materi pengelolaan sampah dengan mengurangi menggunakan plastik. Muncul dari kesadaran akan isu-isu lingkungan yang sedang muncul, penanaman Mangrove dan bersih–bersih pantai menjadi salah satu upaya KMHDI Lampung untuk mengatasi isu lingkungan tersebut.

“Kalau belum ada kepedulian lingkungan, setidaknya cintai diri kita sendiri. Kita yang memakai, kita yang juga yang harus sadar. Ketika kita memakai plastik, ya bagaimana tanggungjawab kita terhadap plastik itu. Kalau perlu mulai dari diri sendiri, karna yang namanya dari diri sendiri bisa menularkan kepada orang lain secara masif. “Ucap Ketua PD KMHDI Lampung terkait isu lingkungan (21/02).

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai

WhatsApp chat