Gelar Ngayah Bersih-Bersih PC KMHDI Buleleng Dapat Respon Positif dari Masyarakat

Buleleng – Dua hari setelah perayaan Galungan Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Buleleng menggelar kegiatan ngayah bersih-bersih di Pura Bukit Sinunggal, Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng. Kegiatan yang dilaksanakan mulai jam 08.30 wita (21/2) tersebut disambut positif oleh pengempon pura dan pamedek yang tangkil untuk bersembahyang.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa hal yang dilakukan oleh para kader diantaranya membersihkan halaman pura, memilah beberapa sampah plastik yang dibuang sembarangan oleh beberapa pamedek yang sebelumnya bersembahyang. Kendati setiap tempat sampah sudah diisi tulisan berupa tempat membuang sampah plastik, namun masih banyak yang belum memperhatikan hal tersebut sehingga, selanjutnya kader-kader melakukan pemilahan terhadap sampah organik dan anorganik yang masih tercecer jadi satu.

Ketua PC KMHDI Buleleng Putu Esa Purwita, 23 mengatakan hal tersebut dilaksanakan dalam rangka ngayah setelah perayaan Galungan yang sudah masing-masing umat Hindu lewati kemarin. Dirinya yang melaksanakan kegiatan bersama kader Buleleng juga tambah semngat setelah mengetahui hal kecil yang dilakukan disaat hari efektif tersebut justru mendapat respon baik dari pamedek.

Meski itu awal dilaksanakan dipura diharapkan dilain waktu bisa kembali melaksanakan hal yang sama sekaligus sebagai bentuk KMHDI hadir ditengah-tengah masyarakat sosialisasi dengan cara sederhana untuk kedepannya agar sampah khususnya plastik berkurang penggunaannya, “Kegiatan ini bagi kami sebagai wujud nyata KMHDI hadir ditengah masyarakat dan menyampaikan sedikit teguran melalui pelaksanaan kegiatan kali ini” ujarnya.

Disisi lain Esa menyebutkan kegiatan kali ini juga bertepatan dengan hari Sampah Nasional maka moment tersebut dimanfaatkan agar masyarakat lebih sadar akan bahaya sampah khususnya plastik dan mengingat pura ini merupakan pura besar jadi akan ada banyak pamedek yang tangkil kepura ini sehingga secara otomatis kuantitas sampah akan semakin bertambah dan perlu dicarikan solusi kedepannya.

PC KMHDI Buleleng sudah mempersiapkan sebuah solusi terkait persoalan tersebut sehingga kegiatan Ngayah bersih-bersih ini sekaligus jadi acara survey untuk agenda kedepan terkait pemanfaatan biopori di lokasi pura tersebut agar sampah bisa berkurang sedikit semi sedikit, “Jadi acara ini sekaligus dalam rangka meninjau lokasi yang berhubungan dengan agenda PC KMHDI Buleleng kedepan yaitu Gerakan Biopori Untuk Buleleng”.
Satyam Eva Jayate

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai

WhatsApp chat