PC KMHDI Konawe laksanakan KMHDI Mengajar untuk Mencerdaskan Generasi Muda Hindu Sejak Dini Melalui KMHDI Mengajar

Pimpinan Cabang KMHDI Konawe mengadakan kegiatan KMHDI Mengajar dengan tema “Mencerdaskan Generasi Muda Hindu  Sejak Dini Melalui KMHDI Mengajar” yang bertempatkan di Wantilan Pura Desa Ulumeraka Kec. Onembute pada tanggal 25-26 Januari 2020. Kegiatan dihadiri oleh tokoh ketua Bendesa adat setempat, Pemangku, PHDI Kab. Konawe, PHDI dan WHDI Desa Ulumeraka juga anggota DPRD I Made Asmaya S.Pd sekaligus membuka kegiatan. Dipilihnya Pura Desa Ulumeraka Kec. Onembute karena kurangnya pendidikan Agama terhadap siswa dan siswi di daerah tersebut, jumlah peserta 26 diantaranya SD, SMP, dan SMA.

Ketua PC KMHDI Konawe Kadek Jodi Sukariana mengungkapkan “Kami lebih menyasar penyampaian kepada anak SD agar lebih bisa memberikan pemahaman pada usia dini. Sedangkan untuk materi kami mengangkat Sradha dan Bakti, Yadnya, praktek membuat pancak dan kuangen, juga Pegenalan Veda.

Sambutan ketua Bendesa adat pancasari bapak Komang Artana dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang untuk KMHDI di Desa Adat Pancasari dan beliau mengucapkan terimakasih karena Desa Ulumerakan atau Desa Adat Pancasari telah dijadikan lokasi KMHDI untuk berkegiatan KMHDI Mengajar dan bakti sosial di Pura Dalem Desa Ulumeraka. Beliau mengungkapkan bahwa hingga saat ini para pelajar dari kalangan SD sampai dengan SMA memang benar tidak menerima pembelajaran Agama Hindu disekolahnya dan beliaupun berharap agar PC KMHDI Konawe dapat kembali melaksanakan kegiatan KMHDI Mengajar ini di Desa Ulumeraka.

Dalam sambutan ketua PHDI Desa Ulumeraka bapak Nyoman Tirta, mengucapkan banyak terimakasih kepada PC KMHDI Konawe yang telah peduli akan pendidikan keagamaan di Desa Adat Pancasari yang memang betul sampai saat ini pelajar belum pernah tersentuh pembelajaran Agama disekolahnya dan berharap agar kegiatan ini dapat kembali dilaksanakan di Desa Adat Pancasari.

Kemudian beliau mengungkapkan pula keinginannya agar PC KMHDI Konawe dapat turut menyampaikan harapannya selaku masyarakat Hindu Desa Ulumeraka agar mohon kiranya mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah terkait pembelajaran Agama disekolah dan terkait pula dengan kondisi tempat suci atau Pura yang seperti saat ini keadaannya bisa dikatakan sangat miris seperti yang dapat dilihat saat ini akses menuju Pura sangat jauh dan cukup sulit, terlebih apabila hujan yang menyebabkan masyarakat susah untuk menuju kepura dan satu hal lain kondisi Wantilan Pura yang sudah mau roboh dan perlu dilakukan pembangunan yang lebih layak.

Ketua PHDI Kab. Konawe bapak I Nengah Sumendra S.Ag, M.Fil.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam dekat ini kita akan menghadapi hari raya Nyepi dan berhubung tahun 2020 ini adalah tahun genap maka seperti kesepakatan lokasabha PHDI Kab. Konawe tentang program kerja melasti bersama seluruh masyarakat Hindu se Kabupaten Konawe, terkait hal tersebut beliau berharap KMHDI dapat pula turut membantu menyukseskan kegiatan tersebut dengan menjadi bagian dari kepanitiaan melasti tersebut.

Sebelum mengakhiri sambutannya beliau berpesan kepada KMHDI agar terus berkordinasi dengan lembaga-lembaga keumatan dalam melakukan kegiatan agar hubungan kelembagaan semakin erat terjalin.

Bapak I Made Asmaya selaku Anggota DPRD mengapresiasi atas peran mahasiswa yang telah turun mengabdi kepada masyarakat, tetap konsisten dalam berkegiatan, dan juga beliau mengatakan agar KMHDI ikut turut serta dalam membangun umat Hindu Konawe dalam hal pendidikan dengan dilakukan sejak dini agar melahirkan SDM yang berkualitas. Kemudian beliau juga mengungkapkan bahwa saat ini ia sedang melakukan pengurusan beasiswa untuk mahasiswa Hindu di Universitas Lakidende yang astungkara akan terealisasikan pada bulan Februari. Kemudian untuk kampus Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Konawe akan diusahakan segera menyusul agar juga mendapatkan beasiswa tersebut.

Komentar Anda

Mungkin Anda Menyukai

WhatsApp chat