Ini Cara PD KMHDI Sumsel untuk Menghindarkan Kadernya dari Bahaya HOAX

Palembang- PD KMHDI Sumsel memandang HOAX bukanlah masalah yang sederhana, yang telah mengakibatkan rentetan berbagai peristiwa sehingga ini cukup menjadi peringatan untuk kembali membentengi diri dari bahaya Informasi-informasi yang terkadang sudah tidak berdasarkan fakta karena dikendalikan kepentingan-kepentingan pribadi atau golongan sehingga melupakan etika Jurnalistik.

Hari ini, Jumat 13 Desember 2019 PD KMHDI Sumsel Melaksanakan Diklat Jurnalistik Daerah dengan tema “Belajar Jurnalistik untuk duniamu yang lebih asik” yang diharapkan dapat memberikan Pendidikan dasar tentang Jurnalistik untuk kader PD KMHDI Sumsel agar terhindar dari informasi dengan kepentingan terselubung.

“Jurnalistik dapat mengkonstruksi realitas yang sebenarnya, sesuatu yang salah dapat dipandang benar ketika dibentuk sebagai kebenaran oleh media, dan sebaliknya. Maka mempelajari Jurnalistik mutlak harus dilakukan oleh setiap orang untuk terhindar dari informasi dengan kepentingan terselubung”. Kata Ketua PD KMHDI Sumsel, I Wayan Darmawan, Palembang (11/12/2019).

Senada dengan ketua Panitia Pelaksana, I Made Astrama “Belajar Jurnalistik bukan hanya untuk menjadi Wartawan atau Pimpinan Redaksi namun belajar Jurnalistik untuk tahu cara berpihak pada kebenaran informasi”. Palembang (11/12/2019).

Pada kegiatan ini dihadiri oleh anggota DPD RI Sumsel Ibu Jialyka Maharani dan anggota DPRD Kota Palembang Bapak Harya Prathysta dan beberapa pelatih untuk mengisi materi Jurnalistik dari Media Sumatera Ekspres dan Kompas TV.

Kegiatan ini rencananya berlangsung selama 2 (dua) hari, Pada Hari Jumat Siang pukul 14.00 WIB diadakan kunjungan ke Studio kompas TV, pukul 16.00 WIB Pembukaan Diklat Jurnalistik Daerah, 17.00 WIB Seminar Jurnalistik dari Ibu Jialyka Maharani, lalu 19.00-21.00 WIB materi tentang dasar Jurnalistik, dilanjutkan Sabtu pagi pukul 9.00 WIB Materi Teknik Wawancara dan pengumpulan data dari Sumatera Ekspres, 11.00 WIB Materi Pengemasan Berita dari Kompas TV, 13.00 WIB Praktik Jurnalistik, dan terakhir pukul 16.00 WIB Praktik penyajian berita/Presentasi.

 

Komentar Anda