REFLEKSI HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER, PD KMHDI SULUT MENGGELAR ZIARAH MAKAM PAHLAWAN

Minggu, 10 November 2019, Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Utara melaksanakan Ziarah ke Makam Pahlawan. Adapun makam yang dituju yaitu Taman Makam Pahlawan Sam Ratulangi yang berlokasi di Tondano.

Kegiatan Ziarah Makam Pahlawan yang dilaksanakan tersebut dihadiri oleh kader PD KMHDI Sulawesi Utara.

Setibanya di lokasi, para kader melakukan hening cipta dengan penuh penghayatan. Setelah mengheningkan cipta, para kader dengan khusyuk melantunkan doa untuk pahlawan-pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan. Rangkaian kegiatan Ziarah Makam Pahlawan pada hari ini diakhiri dengan tabur bunga.

Menurut salah satu kader PD KMHDI Sulawesi Utara yang bernama Komang Suparta, Ziarah ke Makam Pahlawan merupakan bentuk perhatian dari Mahasiswa tentang jasa-jasa para Pahlawan yang telah mendahului kita. “Tentunya yang melatar belakangi kita melaksanakan ini adalah semangat juang para Pahlawan yang melawan menggunakan kekuatan dan saat ini kaum intelektual berjuang dengan intelektual yang dimilikinya,” sambungnya.

Sepemikiran dengan Agung Sri Wirananda selaku Ketua PD KMHDI Sulawesi Utarapun menjelaskan bahwa untuk melanjutkan perjuangan Pahlawan di masa lalu yang telah memberikan kemerdekaan dengan jerih payah, keringat, dan darah hendaknya Pemuda atau Mahasiswa bisa memaknai Hari Pahlawan dengan melanjutkan perjuangan tersebut lewat program pembangunan dan implementasi ilmu pengetahuan intelektual masa kini.

Berjuang dan terus berjuang. Kalau dulu berjuang dengan senjata, sekarang berjuanglah dengan intelektualitas untuk membangun bangsa ini. Sebagai harapan kepada masyarakat Indonesia, khususnya kader KMHDI di hari Pahlawan ini.”tegas Agung.

Komentar Anda