KMHDI MAGANG, Ekonomi Maju Pendidikan juga Harus Maju, Desa Harapan Jaya OKU Timur

KMHDI MAGANG, Ekonomi Maju Pendidikan juga Harus Maju, Desa Harapan Jaya OKU Timur

Palembang, PD KMHDI Sumsel menyelenggarakan kegiatan pengabdian yang dilakukan ke desa-desa. Kegiatan ini diberi nama KMHDI MAGANG, (Mengabdi untuk Agama dan Negara) yang merupakan salah satu program dari Biro Organisasi PD KMHDI Sumsel. Tujuan dari KMHDI Magang ini adalah untuk berbagi ilmu dan pengalaman serta menamankan pola pikir kepada Anak-anak Pasraman bahkan pada Masyarakat untuk tetap menjaga Ajeg Hindu. Kegiatan ini serentak dilaksanakan pada tanggal 19-20 Oktober 2019 yang mana dilakukan di lima Desa, salah satunya adalah Desa Harapan Jaya.

Dalam kegiatan ini, PD KMHDI Sumsel mengirimkan 14 Kadernya termasuk Kader-kader baru ke Desa Harapan Jaya. Desa Harapan Jaya ini berada di kecamatan Semendawai Timur, kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 4 jam dari Palembang, rombongan berangakat dari Palembang pukul 14.00 WIB dan tiba di lokasi sekitar pukul 18.00 WIB.

Desa Harapan Jaya cukup maju di sektor Perekonomian. Terlihat dari Perkebunan, Sawah, bahkan Bangunan dari Rumah-rumah Warga yang terlihat sudah modern dan maju. Namun dibalik dari itu semua kenyataan yang lain adalah kondisi dari latar belakang masyarakat tentang pendidikannya. Kesadaran tentang pentingnya Pendidikan disini sangat minim, terbukti dengan banyaknya Anak yang putus Sekolah bahkan memilih untuk menikah di usia muda. Hal ini sangat memprihatinkan, karena seperti yang kita ketahui pendidikan sangatlah penting untuk masa depan terlebih dimasa yang semakin modern ini. Mengingat telah majunya Perekonomian di Desa ini, rasanya hanya untuk menempuh pendidikan mereka semua mampu. Hanya saja perlu kesadaran tentang pentingnya Pendidikan.

Pada kegiatan inilah PD KMHDI Sumsel hadir untuk melakukan Sharing dan Diskusi mengenai berbagai hal seperti bagaimana kita harus bangga menjadi Hindu, termasuk juga tentang Pendidikan dan masih banyak lainnya. Selain sharing dan diskusi. KMHDI Magang juga mengadakan kegiatan lomba-lomba untuk Anak-anak Pasraman untuk mendekatkan dan mengakrabkan dalam kebersamaan.

Selain untuk masyarakat dan Anak-anak Pasraman, kegiatan ini juga menjadi salah satu program Pendidikan bagi Kader baru PD KMHDI Sumsel untuk bisa ikut berperan untuk Masyarakat terkhususnya Umat yang ada di daerah. Dengan mengikuti kegiatan ini kader-kader baru juga diharapkan bisa melihat langsung keadaan saudara-saudara kita yang ada di daerah serta bisa ikut membagikan pengalaman mereka.

Salah satu alasan PD KMHDI Sumsel mengirim kadernya ke desa Harapan Jaya adalah agar bisa memberikan gambaran tentang kehidupan diluar daerah dengan Sharing dan Diskusi diharapkan Anak-anak bahkan Masyarakat disana bisa termotivasi dan menyadari tentang pentingnya pendidikan bagi kehidupan ini. PD KMHDI Sumsel juga berharap agar kegiatan yang dilakukan di Desa Harapan Jaya ini dapat bermanfaat untuk Anak-anak Pasraman dan Masyarakat.

Komentar Anda