KMHDI MAGANG, berikan Motivasi kepada Adik-adik Pasraman di Desa Peninjauan, OKU

KMHDI MAGANG, berikan Motivasi kepada Adik-adik Pasraman di Desa Peninjauan, OKU

Palembang, PD KMHDI Sumsel menggelar kegiatan KMHDI MAGANG (Mengabdi untuk Agama dan Negara) Sabtu hingga Minggu 19-20 Oktober 2019. KMHDI Magang ini merupakan sebuah program Pendidikan bagi kader baru PD KMHDI Sumsel untuk lebih berperan bagi Masyarakat terkhususnya Umat Hindu yang ada di daerah, dengan berbagi ilmu dan pengalaman serta menanamkan pola pikir kritis pada Adik-adik Pasraman.

Melihat kurangnya minat kuliah dari Generasi Hindu yang ada di Desa, ditambah lagi dengan kondisi Masyarakat Hindu di Sumsel yang minoritas menjadi permasalahan besar yang memerlukan perhatian khusus tentunya. Hal ini menjadi inisiatif dari Pimpinan Daerah KMHDI Sumsel untuk pertama kalinya mengadakan kegiatan KMHDI Magang guna untuk menjaga ke Ajegan Hindu.

Kegiatan yang di gagas oleh Biro Organisasi PD KMHDI Sumsel ini dilaksanakan secara serentak di beberapa daerah dan dikuti oleh 70 kader yang tersebar di 5 titik desa yang ada di Sumatera Selatan. Salah satunya di Desa Penilikan, Kecamatan Penijauan, Kabupaten OKU.

Kegiatan Pengabdian ini disambut baik oleh Umat yang ada di Pakraman Bhuana Sawitri Desa Penilikan dengan jumlah Umat yang tercatat sebanyak 130 KK. “Saya mewakili masyarakat Hindu yang ada di desa Penilikan, Peninjauan, Oku, Sumatera Selatan, mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari PD KMHDI Sumsel di Desa kami. Kami berharap dengan adanya kegiatan KMHDI Magang ini bisa memberikan semangat dan Motivasi terutama kepada Adik-adik Pasraman yang ada di Desa Pekraman Buana Sawitri” Ujar Wayan Soma Wiyasa dalam kata sambutanya.

Adapun konsep dari kegiatan ini adalah Sharing dan Diskusi dengan 4 topik bahasan yang disampaikan diantaranya adalah Bangga Menjadi Hindu, Pendidikan Menurut Perspektif Hindu, Teknologi, dan Wawasan Kebangsaan dengan tujuan agar generasi penerus Hindu yang ada di desa tersebut bisa menjaga dan melestarikan Ajeg Hindu dengan berpendidikan dan berwawasan Teknologi serta memiliki rasa Nasionalisme terhadap Tanah Air.

“Saya mewakili Ketua PD KMHDI Sumsel semoga dari beberapa materi yang disampaikan masyarakat dan adik-adik Pasraman khususnya dapat menerima dengan baik dan mampu senantiasa menjaga dan melestarikan Adat, Budaya dan Tradisi kita sebagai Umat Hindu, bisa membentuk pola pikir yang berkarakter melalui Pendidikan, serta memiliki wawasan tanpa melupakan sikap Nasionalisme” tutup Kadek Nera.

Komentar Anda