SOSIAL MEDIA
LOGIN ADMIN / OPERATOR
DONASI UNTUK KEGIATAN KAMI
KMHDI ON TWITTER
PC Palangkaraya akan Adakan Kegiatan KMHDI Goes to Kampung
Ditulis oleh : PC KMHDI PALANGKARAYA

07 Februari 2017 - 08:34:17 WIB

PC KMHDI Palangkaraya melakukan Koordinasi dengan Majelis Resort dan Kelompok di Desa Kalahien Kab. Barito Selatan Minggu (5/2/17). Menindak lanjuti hasil rapat panitia mengenai Koordinasi dan Survei tempat kegiatan dengan Majelis Resort Agama Hindu Kaharingan (MR-AHK) dan Majelis Kelompok Agama Hindu Kaharingan (MK-AHK) di Desa Kalahien Kabupaten Barito Selatan tentang rencana Pengabdian Umat yang dinamakan KMHDI Goes To Kampung program kerja dari Bidang Humas PC KMHDI Palangkaraya.

Tim Survei yang beranggotakan dari Mega Riska, Santia Nopalia, Ita Lusari, Ariyani, Ayuni Lestari, Lira Hartami, Sukarnadi, Rabut, Jufrianda, Sugiannoor dan juga ditemani oleh ketua PC KMHDI Palangkaraya Risyando Abe Isar. Perjalan menuju kalahien yang memakan waktu 3,5 jam dengan jarak tempuh yang lumaian jauh menggunkan tranportasi darat (mobil). Berangkat pukul 07.00 WIB dari Palangkraya, tiba di desa Kalahien pukul 10.30 WIB, TIM yang di tunggu oleh kader yaitu Lira Hatami dan Ayuni Lesatri yang mengarahkan TIM dari Palangkaraya menuju rumah Ketua MK-AHK Kalahien, kedatangan TIM disambut baik Oleh Ketua Majelis Resort Bapak Ugandi K. Tawie dan Ketua Majelis Kelompok Bapak Andaya.

Mega Riska selaku ketua panitia menjelaskan maksud dari mana kedatangan TIM “Kami dari PC KMHDI Palangkaraya dalam hal ini seperti yang sudah kami komunikasi terlebih dahulu sebelum kami datang ke Desa Kalahian, bermaksud untuk berkoordinasi dengan pihak Majelis untuk membahas kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, melakukan obeservasi dan mohon bantuan majelis membantu mensukseskan kegiatan kami yaitu Pengabdian Umat, kiranya bapak bersedia kami melakukan kegiatan di Desa Kalahian dan juga kami ingin mengajak anak-anak pasraman disini sama-sama belajar membuat sarana dan prasana persembahyangan dan membagi buku tulis dan buku bacaan jika ada nanti” Ungkap Mega Riska.

Pada saat itu hadir juga Ketua Majelis Resort Bapak Ugandi K. Tawie menyampaikan keinginan dan masukan untuk acara kegiatan. “Saya sangat menyambut baik kedatangan mahasiswa, terutama dalam hal pengabdian umat, kami selaku Majelis ingin mengusul pengabdian nanti tidak hanya di Kalahien tapi bisa melihat kondisi umat di desa daerah sini seperti desa Pararapak, Penda Asem, Tanjung Jawab dll kalau bisa tim-tim dibagi untuk melakukan kegiatan disana jika bisa dan intinya kami siap selalu dengan keputusan panitia tentang kegiatan selanjutnya, yang penting ada koordinasi setelah kalian rapat” Harap Beliau Ugandi K. Tawie

Dalam kesempatan itu Risyando Abe Isar menjelaskan menambah dari ungkapan Ketua Panitia dan menanggapi ungkapan dari Ketua Resort.

“Kedangan kami disini sebagaimana yang dijelaskan oleh ketua panitia, dengan harapan pihak majelis bisa berkenan kami untuk melakukan pengabdian di desa kalahian, sasaran kami juga melakukan sosialisasi dengan pemuda Hindu tentang Organisasi Kemahasisiswan yang ada, yaitu KMHDI dikalau pemuda niat ingin kuliah setelah lulus SMA bisa mengubungi kami, dan bisa menginap di secretariat sementara mencari tempat tinggal tetap, karena permasalah awal jika teman-teman masuk kuliah terkendala kurang paham cara masuk di Perguruan Tinggi yang ada di Palangkaraya, dengan demikian teman-teman bisa membantu mencari tempat sampai cara daftar di Perguruan Tinggi yang di inginkan akan kami bantu, sebagaimanaa fungsi dan upaya kami bisa membantu saudara kami yang ingin melanjutkan pendidikannya untuk informasi seputar kampus bisa pemuda Hindu menghubungi kami. Terang Risyando Abe Isar.  

“Untuk desa yang selaian Kalahian nanti panitia kondisikan apakah mampu atau bisa melaksanakan kegiatan disana khususnya Basarah bersama, tapi tim akan Fokus sebagai sentral di Kalahien, berhubungan kegiatan ini banyak dari BEM, HMJ, MENWA dan organisasi kepemudaan yang lainya inter kampus STAHN-TP Palangkaraya dan PERADAH bisa kami arahkan untuk melakukan pengabdian disana karena sekarang teman-teman juga gencar-gencar mencari lokasi pengandian” Tambah Risyando Abe Isar

Ketua Majelis Kelompok Bapak Andaya selain menerima kegiatan dan siap untuk dilakukan pengabidan di desa kalahien, beliau juga menceritakan sedikit tentang sejarah pembangunan Balai Basarah di Kalahien, seperti yang diungkapkan waktu koordinasi kegiatan PC KMHDI Palangkaraya.

“Kami sepenuhhnya menerima dan siap menyediakan tempat untuk mahasiswa beristirahat, untuk konsumsi jangan takut kalian tidak akan kelaparan dan nanti kalian bisa memasukan rencana kegaiatan membersihkan lokasi Komplek Kuburan Hindu Kaharingan, sedikit tentang Balai ini yang dinamakan Balai Basarah Mepas Raya Agama Hindu Kaharingan Desa Kalahien, Balai ini dibangun murni hasil swadaya umat Hindu Kaharingan di Desa Kalahien, status tanah sudah kepemilikan Balai dan dulu harga tanah balai ini hanya Rp. 30.000 (Tiga Puluh Ribu Rupiah) saja, dan dibangun pada tahun 1982” Terang bapak Andaya.

Akhir kegiatan setala surveri bersama Bapak Ugandi K. Tawie dan Bapak Andaya, dimana setelah melihat kondisi balai dan menuju lokasi baksos di kuburan komplek Kuburuan di Desa Kalahien, TIM juga diberi Oleh-oleh oleh warga setempat ikan hasil tangkapan dan dijadikan ikan hasil oleh kader ketika tiba di Sekretariat KMHDI, selain itu juga TIM dibekali buah rambutan untuk mengisi perut diperjalanan. Semoga rasa kekeluargaan dan persatuan kita semua makin kokoh dengan demikian kita akan sadar yang namanya Kewajiban Bersama.